In-depth

Zabit Magomedsharipov, Seorang 'Shaolin' Penerus Khabib Nurmagomedov

Kamis, 29 Oktober 2020 20:36 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Jeff Bottari/Zuffa LLC via Getty Images
Zabit Magomedsharipov Copyright: © Jeff Bottari/Zuffa LLC via Getty Images
Zabit Magomedsharipov

INDOSPORT.COM - Nama Zabit Magomedsharipov seketika mengemuka usai petarung terbaik di UFC, Khabib Nurmagomedov, memutuskan untuk pensiun. Lantas, siapakah sosok Zabit yang disebut-sebut menjadi salah satu penerus Khabib ini?

Seperti kita ketahui sebelumnya, Khabib Nurmagomedov telah memutuskan pensiun usai memenangkan pertandingan melawan Justin Gaethje. Keduanya bertanding di Fight Island, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab dalam ajang UFC 254.

Dalam pertandingan tersebut, baik Khabib maupun Justin telah memberikan yang terbaik di atas oktagon. Pertandingan ini juga paling dinanti-nanti oleh para penggemar dunia tarung karena rekor fantastis dari latar belakang keduanya.

Pasalnya sebelum laga tersebut dimulai, Khabib Nurmagomedov selaku sang pemegang sabuk juara kelas ringan memiliki rekor tak terkalahkan yakni 28-0-0.

Sementara itu Justin Gaethje sang kuda hitam dikenal sebagai atlet MMA yang komplet dengan gaya bertarung standing fight serta memiliki pukulan yang amat keras. Ia juga memiliki rekor pertarungan yang cukup apik yakni 22-2-0.

Kedua petarung sama-sama membuka ronde pertama dengan hati-hati, sebelum Khabib mulai tampil lebih agresif menghadapi sang penantang. Sang juara sempat merangkul kaki Gaethje yang kemudian berhasil meloloskan diri.

Di ronde kedua, pertarungan kedua bintang MMA ini semakin memanas. Gaethje sempat mendaratkan tendangan ke tubuh Khabib. Tak lama kemudian, sang juara berhasil membalas dengan melakukan takedown. 

© Josh Hedges/Zuffa LLC via Getty Images
Kuncian Khabib membuat Gaethje menyerah dalam gelar UFC di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Copyright: Josh Hedges/Zuffa LLC via Getty ImagesKuncian Khabib membuat Gaethje menyerah dalam gelar UFC di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Petarung asal Rusia itu kemudian sukses melakukan triangle choke kepada Gaethje hingga sang lawan akhirnya lemas dan wasit memutuskan mengakhiri duel. Khabib pun memenangkan duel ini lewat technical submission di ronde kedua. Dengan hasil ini, ia pun berhasil memperpanjang rekornya menjadi 29-0-0.

Kemenangan ini pun menjadi hasil akhir dari perjalanan Khabib Nurmagomedov di ajang UFC. Hal ini ia lakukan sebagai sebuah bentuk janji kepada ibunya.

“Hari ini saya ingin mengatakan ini adalah pertarungan terakhir saya. Tak mungkin saya ke sini tanpa ayah saya," kata Khabib Nurmagomedov seusai laga seperti dilansir dari Talksport.

"Saat UFC mendatangi saya soal (pertarungan dengan) Justin, saya bicara dengan ibu saya selama tiga hari. Dia tidak ingin saya bertarung tanpa ayah saya. Lalu saya berkata kepadanya ini pertarungan terakhir saya dan saya memegang janji saya kepadanya," lanjutnya.

Keputusan Khabib pensiun pun menuai banyak reaksi dari para pencinta dunia tarung MMA. Salah satunya adalah mencari sosok pengganti Khabib di ajang UFC.

Seiring dengan berjalannya waktu, muncul petarung asal Rusia bernama Zabit Magomedsharipov yang dipercaya menjadi salah satu kandidat pengganti Khabib. Lantas, siapakah sosok yang bernama Zabit ini? Berikut ulasannya.