Umar Nurmagomedov, Petarung yang 'Direstui' Khabib untuk Jadi Penerusnya

Sabtu, 7 November 2020 14:03 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Petarung terbaik dalam sejarah UFC, Khabib Nurmagomedov, belum lama ini memutuskan untuk pensiun dari dunia MMA. Tak lama setelahnya, Khabib pun memberikan sebuah kode tentang sosok yang akan menjadi penerusnya.

Seperti kita ketahui sebelumnya, Khabib Nurmagomedov telah memutuskan pensiun usai memenangkan pertandingan melawan Justin Gaethje. Keduanya bertanding di Fight Island, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, Minggu (25/10/20) dini hari WIB dalam ajang UFC 254.

Dalam pertandingan tersebut, baik Khabib maupun Justin telah memberikan yang terbaik di atas oktagon. Pertandingan ini juga paling dinanti-nanti oleh para penggemar dunia tarung karena rekor fantastis dari latar belakang keduanya.

Pasalnya sebelum laga tersebut dimulai, Khabib Nurmagomedov selaku sang pemegang sabuk juara kelas ringan memiliki rekor tak terkalahkan yakni 28-0-0.

Sementara itu Justin Gaethje sang kuda hitam dikenal sebagai atlet MMA yang komplet dengan gaya bertarung standing fight serta memiliki pukulan yang amat keras. Ia juga memiliki rekor pertarungan yang cukup apik yakni 22-2-0.

Kedua petarung sama-sama membuka ronde pertama dengan hati-hati, sebelum Khabib mulai tampil lebih agresif menghadapi sang penantang. Sang juara sempat merangkul kaki Gaethje yang kemudian berhasil meloloskan diri.

Di ronde kedua, pertarungan kedua bintang MMA ini semakin memanas. Gaethje sempat mendaratkan tendangan ke tubuh Khabib. Tak lama kemudian, sang juara berhasil membalas dengan melakukan takedown. 

Petarung asal Rusia itu kemudian sukses melakukan triangle choke kepada Gaethje hingga sang lawan akhirnya lemas dan wasit memutuskan mengakhiri duel. Khabib pun memenangkan duel ini lewat technical submission di ronde kedua. Dengan hasil ini, ia pun berhasil memperpanjang rekornya menjadi 29-0-0.

Kemenangan ini pun menjadi hasil akhir dari perjalanan Khabib Nurmagomedov di ajang UFC. Hal ini ia lakukan sebagai sebuah bentuk janji kepada ibunya.

© Josh Hedges/Zuffa LLC via Getty Images
Tangisan Khabib Nurmagomedov usai mengalahkan Justin Gaethje Copyright: Josh Hedges/Zuffa LLC via Getty ImagesTangisan Khabib Nurmagomedov usai mengalahkan Justin Gaethje

“Hari ini saya ingin mengatakan ini adalah pertarungan terakhir saya. Tak mungkin saya ke sini tanpa ayah saya," kata Khabib Nurmagomedov seusai laga seperti dilansir dari Talksport.

"Saat UFC mendatangi saya soal (pertarungan dengan) Justin, saya bicara dengan ibu saya selama tiga hari. Dia tidak ingin saya bertarung tanpa ayah saya. Lalu saya berkata kepadanya ini pertarungan terakhir saya dan saya memegang janji saya kepadanya," lanjutnya.

Keputusan pensiunnya Khabib nyatanya membuat banyak orang bertanya-tanya. Siapakah yang pantas untuk menggantikan dirinya kelak di atas ring oktagon?

Khabib pun ikut meramaikan 'bursa transfer' tentang siapa yang akan menggantikannya kelak. Hal itu ia ungkapkan melalui media sosial pribadinya.

Belum lama ini, tepatnya pada tanggal 3 November 2020, Khabib Nurmagomedov mengunggah sebuah foto dirinya yang berada di tempat latihan. Dengan latar belakang biru-putih, Khabib tampak tidak sendiri.

Dirinya bersama dengan adik sepupunya, Umar Nurmagomedov. Kode pun Khabib lontarkan melalui caption di postingan tersebut.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Khabib Nurmagomedov (@khabib_nurmagomedov) on

"Tidak ada yang berubah. Generasi muda harus bisa tumbuh," tulis Khabib.

Tak ayal, hal ini pun menuai berbagai macam reaksi di kolom komentarnya. Banyak yang mengira bahwa Umar dipersiapkan betul oleh Khabib untuk dijadikan sebagai penerusnya kelak di UFC.

Lantas, siapakah Umar Nurmagomedov ini? Berikut INDOSPORT berikan ulasan singkat mengenai profil petarung asal Kizilyurt satu ini.