In-depth

5 Mantan Petarung yang Jadi Pemimpin Negara: Ada Vladimir Putin dan Presiden Terkejam di Dunia

Senin, 15 Agustus 2022 18:35 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© Reuters/Sputnik/Vyacheslav Prokofyev
Presiden Rusia, Vladimir Putin. Foto: Reuters/Sputnik/Vyacheslav Prokofyev Copyright: © Reuters/Sputnik/Vyacheslav Prokofyev
Presiden Rusia, Vladimir Putin. Foto: Reuters/Sputnik/Vyacheslav Prokofyev

INDOSPORT.COM - Berikut lima mantan petarung yang berhasil menjadi pemimpin negara, termasuk ada sosok fenomenal yakni presiden Rusia, Vladimir Putin.

Presiden Rusia, Vladimir Putin menjadi salah satu pemimpin negara yang cukup disoroti oleh media internasional. Apalagi sejak Rusia melancarkan invasi militer ke Ukraina sejak Februari 2022 lalu.

Pria yang memiliki nama lengkap Vladimir Vladimirovich Putin lahir di Leningrad, Uni Soviet pada 7 Oktober 1952 silam. Ia merupakan seorang politikus dan menjabat sebagai Presiden Rusia sejak 2018 lalu hingga 2024 mendatang.

Meski menjabat sebagai pemimpin negara, tidak hanya kecerdasan otak yang ia miliki. Putin ternyata juga dikenal memiliki keahlian bela diri.

Ia dikabarkan telah mendapatkan sabuk hitam Dan 8 untuk bela diri karate dari Russian Kyokushin-kan Karate-do Federation.

Dikutip dari Washington Time, Dan 8 merupakan tingkat yang diberikan untuk penghormatan kepada jasa-jasa khusus atau usia tertentu.

Saat masih berusia muda, Vladimir Putin merupakan petarung tingkat Nasional. Ia juga mengajarkan pengendalian diri, kemampuan menganalisis kejadian, melihat kekuatan dan kelemahan lawan.

Tidak heran bila Vladimir Putin sangat ahli dalam menjalankan strategi perang. Ia juga memiliki mental baja meski mendapat kecaman dari banyak negara.