KONI Ingin Muaythai Bergulir Di SEA Games 2017

Kamis, 4 Juni 2015 22:07 WIB
Penulis: Binsar Marulitua | Editor: Gema Trisna Yudha
© Ratno Prasetyo/INDOSPORT
 Copyright: © Ratno Prasetyo/INDOSPORT

Ketua KONI Pusat, Tono Suratman, menyatakan kejuaraan Muaythai rutin dilaksanakan setiap tahun, baik di tingkat regional maupun nasional. Di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX Jawa Barat 2016 nanti, cabor ini pun akan turut dipertandingkan. 

Meski tergolong dalam kategori cabor yang baru lahir di Indonesia, pria berusia 62 tahun itu menyatakan pihaknya berupaya untuk terus memperkenalkan cabor seni bela diri itu di tanah air.

Tak hanya itu, pria yang purnawirawan mayor jenderal tersebut juga berupaya untuk menghadirkan cabor yang berasal dari Thailand ke ajang SEA Games 2017 yang rencananya akan bergulir di Malaysia, 2017 mendatang. 

“Muaythai setiap tahun melakukan kejuaraan nasional dan juga kejuaraan-kejuaraan regional. Ini menunjukan pembinaan dan pengurusan sudah bisa ditonjolkan,” ujar Tono, saat ditemui di Jakarta.

“Kami juga akan memperjuangkan Muaythai agar masuk ke SEA Games 2017. Tetapi, kalau mau masukkan Muaythai ke SEA Games, itu harus ada pendekatan kepada tuan rumah. Dalam hal ini Malaysia (selaku penyelenggara SEA Games 2017). Kalau Malaysia mau Muaythai dipertandingkan, maka itu bisa,” lanjutnya.

Seperti diketahui, Muaythai merupakan olahraga berkarakter seni bela diri yang berasal dari Negeri Gajah Putih –julukan Thailand. Meski masih belum tersohor, di Indonesia perkembangan Muaythai terus mengalami peningkatan. Dalam olahraga ini, calon atlet diwajibkan untuk mempunyai kekuatan fisik serta keseimbangan tubuh.

3