Terganggu Kabut Asap, Kejuaraan Kano Asia Tetap Berlangsung

Minggu, 25 Oktober 2015 18:55 WIB
Kontributor: Muhammad Effendi | Editor: Galih Prasetyo
© Muhammad Effendi/INDOSPORT
 Copyright: © Muhammad Effendi/INDOSPORT

Rencananya, kejuaraan tersebut akan berlangsung sejak 4-8 November mendatang. Persiapan pun dilakukan pihak penyelenggara. Hal ini terlihat sejak Sabtu (24/10/15), sejumlah peralatan pertandingan yang didatangkan langsung dari Jepang telah tiba di arena Danau Jakabaring Palembang dengan menggunakan kontainer. Bahkan, sejumlah teknisi yang didatangkan langsung dari Jepang juga sudah mulai melakukan pemasangan sejumlah peralatan di area start.

Sekretaris Umum Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Sumsel, Eva Ruliningtias, saat ditemui dilokasi venue, Minggu (25/10/15) mengatakan, memang rencananya pihak tuan rumah dalam hal ini Sumsel telah mengirimkan data kondisi cuaca dari pihak BMKG dengan harapan kejuaraan tersebut dapat diundur hingga Desember, namun pihak PB PODSI maupun Technical Delegate (TD) Asian Canoe Conferderation (ACC) tetap mengusulkan agar pelaksanaan event tetap berlangsung di Palembang.

"Menurut pertimbangan mereka, jika kejuaraan yang telah dipersiapkan hampir tiga tahun yang lalu ini diundur hingga Desember bulan depan, tentu pihak peserta akan mengalami dirugikan. Apalagi, rata-rata peserta sudah melakukan persiapan," ujarnya.

Selain menyewa tambahnya, pihak ACC juga memberikan bantuan perahu yang nantinya setelah pelaksanaan even akan langsung dihibahkan oleh pihak ACC kepada tuan rumah dan beberapa negara peserta.

Selain itu juga, ada beberapa peralatan yang didatangkan dari pihak PB PODSI dari Jakarta dan sebagian juga dibeli oleh pihak Dispora Sumsel yang nantinya akan digunakan oleh Pengprov PODSI Sumsel.