Bola Tangan Siap Merambah PON XIX

Rabu, 9 Maret 2016 08:10 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Hendra Mujiraharja
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Aksi pemain Indonesia (kiri) melepaskan diri dari penjagaan pemain Singapura dan mencetak angka. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Aksi pemain Indonesia (kiri) melepaskan diri dari penjagaan pemain Singapura dan mencetak angka.

Asosiasi Bola Tangan Indonesia (ABTI) melalui wakil ketua umum I, Amarta Imran, menjelaskan bahwa pada PON Jawa Barat mendatang, olahraga bola tangan akan mengambil bagian dan ikut berlaga. Namun, pertandingan tersebut masih bersifat eksibisi.

"Pada PON Jawa Barat mendatang kita akan ikut bertanding namun masih bersifat eksibisi. Nanti pada PON berikutnya di Papua, kita kemungkinan sudah terdaftar dalam salah satu cabang olahraga yang akan dipertandingkan," ujarnya kepada INDOSPORT.


Aksi pemain bola tangan putri Indonesia saat melewati hadangan pemain Malaysia.

Sementara itu, tim bola tangan putra dan putri Indonesia yang pada 4-8 Maret kemarin mengikuti turnamen International Handball Federation (IHF) Trophy 2016 di GOR POPKI, Cibubur, Jakarta Timur, akan dipersiapan sebagai tulang punggung tim nasional pada Asian Games 2018.


Aksi pemain bola tangan putra Indonesia (Baju Hijau) saat mengahadapi Singapura di International Handball Federation (IHF) Trophy 2016

"Ada kemungkinan mereka akan dipersiapkan sebagai tim nasional yang akan turun di Asian Games mendatang karena cabor ini sudah dipertandingkan di event tersebut. Namun, untuk saat ini mereka akan dipulangkan dahulu ke daerahnya masing-masing sambil menunggu persiapan ke depannya," tandas Amarta Imran.

Bola tangan pernah diselenggarakan di PON ke II yang diselenggarakan di Jakarta pada 1951. Peserta pertandingan pada waktu PON II tersebut, hanya terdiri dari empat daerah yaitu: Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.