PON Jabar XIX/2016

Sambut PON, Rumah Sakit dan Petugas Medis Siaga

Selasa, 13 September 2016 09:36 WIB
Editor: Gema Trisna Yudha
 Copyright:

Rumah sakit dan tenaga medis yang disiapkan untuk keperluan Pekan Olahraga Nasional (PON) ini tak cuma untuk melayani keperluan kesehatan. Mereka juga akan memastikan para atlet terbebas dari unsur doping yang haram di dunia olahraga. 

Dilansir dari Antara, empat hari menjelang pembukaan PON XIX/2016 pada 17 September mendatang, seluruh keperluan kesehatan tersebut sudah dalam status siap.

"Total ada 37 rumah sakit swasta dan kabupaten/kota (RSUD) yang siaga terkait PON XIX nanti," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat, Alma Lucyati.

Menurutnya, para petugas medis yang disiapkan tak cuma berada di rumah sakit, melainkan di sejumlah titik tertentu. Selain di lokasi pertandingan, para petugas juga disiapkan di setiap pintu kedatangan atlet seperti bandara atau stasiun.

Selain itu, penginapan atlet juga telah tersedia petugas medis. "Jadi ada medical room, suatu tempat yang ada petugasnya, obat-obatan, dan keperluan lain. Gunanya untuk menjadi ruangan kecil seperti klinik. Kalau ada apa-apa, yang menolongnya tim ini," ujarnya.

Selain berasal dari Dinkes Provinsi Jabar, tim medis ini merupakan gabungan dari berbagai pihak lain seperti dinas kesehatan kabupaten/kota, petugas kesehatan dari rumah sakit swasta, hingga unsur TNI/Polri. 

14