PON Jabar 2016

Adu Jotos dan Sederet Masalah yang Mencoreng PON Jabar 2016

Senin, 26 September 2016 15:17 WIB
Penulis: Ivan Reinhard Manurung | Editor: Joko Sedayu
 Copyright:

Mulai 17 September hingga 29 September, Indonesia tengah mengadakan ajang Pekan Olahraga Nasional XIX. Provinsi Jawa Barat sendiri mendapat kehormatan untuk menjadi tuan rumah event olahraga empat tahunan tersebut.

Dalam ajang PON ini sendiri, setiap provinsi di Indonesia akan mengirimkan para atlet terbaiknya untuk berkompetisi di sejumlah cabang olahraga seperti sepakbola, bulutangkis, renang, dan masih banyak lainnya.

Menurut sejarahnya, event PON ini pertama kali digelar pada September 1948 silam di Kota Solo, Jawa Tengah. Saat itu, PON digagas sebagai bentuk kekecewaan Indonesia yang tidak mengikuti Olimpiade 1948 di London, Inggris, karena PORI (Persatuan Olahraga Republik Indonesia) masih belum menjadi anggota IOC (Internasional Olympic Comittee).

Sejak saat itu, PON pun menjadi salah satu agenda olahraga rutin yang dilakukan setiap empat tahun sekali. Tercatat sudah sembilan provinsi terpilih menjadi tuan rumah PON, dan DKI Jakarta tercatat menjadi yang paling sering menjadi tuan rumah (sembilan kali).

Kini, setelah terakhir kali pada 1961 silam, Jawa Barat kembali mendapat kesempatan menjadi ajang multi-event terbesar di Indonesia tersebut. Berbagai perubahan dan peningkatan pun coba dihadirkan pada ajang PON ke-19 ini.

Diantaranya seperti meluncurkan teknologi aplikasi Live Streaming untuk perangkah telepon pintar. Dengan aplikasi ini, para pengguna akan disajikan sejumlah informasi mengenai jalannya PON 2016 serta beberapa siaran langsung pertandingan.

Sayangnya, dalam beberapa hari sejak resmi dibuka, PON Jabar 2016 ini sudah mengalami banyak permasalahan dan insiden yang cukup memalukan. Insiden-insiden itu tidak hanya melibatkan para atlet yang berlaga, namun juga semua unsur-unsur lain seperti panitia penyelenggara, pihak keamanan, bahkan sampai pihak media yang meliput pertandingan.

Berikut INDOSPORT pun coba hadirkan sejumlah insiden dan permasalahan yang terjadi di PON Jabar 2016:

63