Mengenang Era Keemasan Olahraga Indonesia Sebelum Luluh Lantak Pasca G30S

Jumat, 30 September 2016 11:06 WIB
Editor: Galih Prasetyo
 Copyright:

Meletusnya peristiwa G30S yang terjadi pada 1965 silam membuat negeri ini alami banyak perubahan. Peristiwa yang disebut oleh sebagian orang sebagai tragedi ini tidak hanya menyisakan duka dan misteri tapi juga meluluhlantakkan konsep-konsep pembangunan segala bidang yang digagas oleh Sukarno. 

Salah satu konsep yang luluh lantak ialah konsep Sukarno soal olahraga nasional. Sukarno memang tak main-main untuk memajukan olahraga nasional. Ia mengeluarkan sejumlah kebijakan kuat untuk menopang tujuannya menjadikan olahraga nasional sebagai pembangun karakter bangsa serta jadi alat pemersatu. 

Sukarno bahkan pada pidato 17 Agustus 1957 sempat mengatakan bahwa pendidikan jasmani dan olahraga sangat penting untuk pembangunan nation building. Sukarno menganggap bahwa olahraga tidak hanya urusan negara tapi juga sebagai staatsplicht (keharusan negara). 

Pernyataan Sukarno ini kemudian diaplikasikan oleh Kementerian Olahraga (dulu masih bernama Departemen Olahraga) saat itu dengan sebuah kebijakan soal rencana pembinaan keolahragaan yang dinamai 'Rencana 10 Tahun Olahraga'.

Masih banyak lagi konsep dan rencana dari Sukarno untuk olahraga nasional, sayang semua itu luluh lantak usai malam berdarah, 01 Oktober 1965 atau kita mengenal dengan istilah G30S.

Berikut sejumlah kebijakan dan konsep Sukarno di bidang olahraga yang kini hanya jadi kenangan akibat meletusnya huru hara 1965 untuk pembaca setia INDOSPORT: 

749