4 Manusia Berumur Panjang yang Masih Bugar dan Aktif Ikuti Kejuaraan Olahraga

Minggu, 20 November 2016 12:11 WIB
Editor: Galih Prasetyo
 Copyright:

Banyak literatur yang menyebut bahwa sejak 1970-an, durasi maksimum kehidupan-usia di mana orang tertua hidup telah meningkat. Nama manusia tertua yang tercatat ialah seorang perempuan asal Prancis, Jeanne Calment yang hidup selama 122 tahun. 

Professor Stuart Kim, salah seorang peneliti dari Australia menyebut bahwa ada hal istimewa yang dimiliki kelompok orang yang berusia panjang. 

Hasil penelitian yang dilakukan Professor Kim menyebutkan gen yang paling mendekati kemungkinan sebagai gen umur panjang adalah gen yang disebut TSHZ3. Gen ini merupakan pembawa protein paling kaya dalam tubuh para supercentenarian.

Selain itu rajin olahraga jadi rahasia lain yang membuat sejumlah orang mampu hidup selama puluhan tahun. India jadi salah satu negara yang jadi penyumbang manusia dengan umur panjang. 

Menariknya dari beberapa orang yang hidup puluhan tahun di India tersebut, ada 4 orang yang tetap aktif ikuti kejuaraan olahraga meski sudah sangat tua. 

Usia mereka rata-rata sudah di atas 80 tahun lebih. Namun semangat dan ambisi mereka untuk terus bugar dengan berolahraga dan ikuti kejuaraan jadi hal inspiratif untuk kita. 

Siapa saja 4 orang tersebut? Berikut 4 manula yang tetap bugar dan aktif ikuti kejuaraan olahraga untuk pembaca setia INDOSPORT: 

191