Bukan Jakarta, Ini Lokasi yang Dipilih Kemenpora untuk Haornas

Minggu, 4 Juni 2017 15:33 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© magelangkota.go.id
Kota Magelang, Jawa Tengah rencananya akan ditunjuk sebagai lokasi puncak perayaan Haornas 2017. Copyright: © magelangkota.go.id
Kota Magelang, Jawa Tengah rencananya akan ditunjuk sebagai lokasi puncak perayaan Haornas 2017.

Berdasarkan keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 67 Tahun 1985, setiap tanggal 9 September, selalu diperingati sebagai Hari Olahraga Nasional (Haornas).

Menyadari waktu penyelenggaraan Haornas yang tinggal hitungan tiga bulan lagi, berbagai rencana dan persiapan event untuk perayaan pun telah dilakukan. Salah satunya dengan memilih lokasi yang nantinya menjadi tempat perayaan puncak Haornas 2017.

Uniknya, lokasi yang dipilih sebagai penyelenggara puncak Haornas 2017 itu bukanlah Jakarta, yang notabene ibu kota dan pusat pemerintahan Indonesia, melainkan Kota Magelang, Jawa Tengah.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Suasana acara Fit and Proper Test Pengisisan Jabatan Staff Ahli Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) di Media Center Kemenpora, Senin (21/12/15). Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTKemenpora berencana menggelar Haornas 2017 di Magelang.

Pemilihan Magelang sebagai lokasi puncak perayaan Haornas 2017 tersebut dikemukakan oleh Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kota Magelang, Jarwadi.

Baca Juga

"Kegiatan ini nanti tentunya akan berdampak pada pertumbuhan dan pengembangan pariwisata di Magelang dan sekitarnya," ujar Jarwadi seperti dikutip INDOSPORT dari Antara.

Ia menyebutkan sebelum puncak Haornas 9 September 2017 akan dilakukan berbagai kegiatan, antara lain liga sepakbola U-12, U-14, U-16, U1-8, dan liga mahasiswa.

© Ratno Prasetyo/INDOSPORT
Caption Copyright: Ratno Prasetyo/INDOSPORTKemeriahan Haornas 2015.

Tak hanya sepakbola, untuk menyambut Haornas 2017 rencananya juga akan diselenggarakan acara bersepeda bersama bertajuk Gowes Pesona Nusantara, yang diikuti oleh 90 pesepeda dari sejumlah kota terpilih dari Sabang sampai Merauke.

"Mereka berangkat dari Sabang bergerak ke timur dan yang dari Merauke bergerak ke arah barat dan diharapkan nanti pada tanggal 9 September 2017 mereka berkumpul di Magelang," kata Jarwadi.

© Ratno Prasetyo/INDOSPORT
Caption Copyright: Ratno Prasetyo/INDOSPORTArmand Maulana menjadi salah satu pengisi acara puncak Haornas 2015.

Nantinya, para peserta Gowes Pesona Nusantara akan diminta untuk membawa dua buah benda yang akan digunakan sebagai simbol persatuan, yakni tanah dan air.

"Tanah dan air itu kemudian akan dicampur sebagai wujud persatuan dan kebersamaan NKRI harga mati dan nanti akan dimonumenkan di puncak Gunung Tidar di Kota Magelang," tutupnya.

Sebelumnya, puncak perayaan Haornas 2016 lalu dilaksanakan di GOR Deltras Sidoarjo, Jawa Timur dan dimeriahkan dengan aksi tari-tarian yang dibawakan oleh ratusan lebih penari.