Kecintaan Pemimpin Korea Utara dengan Dunia Olahraga

Selasa, 6 Februari 2018 17:56 WIB
Penulis: Riris Putri Ridaprilia | Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© The Independent
Caption Copyright: © The Independent
Caption

Korea Utara dikenal sebagai negara tertutup yang menonjol dari sisi militer dan dikendalikan oleh seorang pemimpin yang sangat tegas, Kim Jong Un. Namun ternyata Korea Utara yang kerap menjadi perbincangan publik karena pernyataan pemimpinnya yang ingin memerangi Amerika Serikat itu, dipimpin oleh seorang diktator yang cinta dengan dunia olahraga.

Meskipun tertutup, Korea Utara sendiri kerap mengirim para atlet untuk berlaga di turnamen bertaraf internasional seperti Olimpiade, bahkan kompetisi sepakbola sekelas Piala Dunia. Namun selain mengirimkan atlet, kini mereka juga mulai membuka negara mereka untuk perhelatan Olimpiade musim dingin yang akan berlangsung di kota Pyeongchang pada 9 hingga 25 Februari 2018.

Kim Jong Un sendiri ternyata menaruh banyak kepeduliannya kepada dunia olahraga, terlebih dalam memperhatikan hidup para atlet Korea Utara yang diyakini sangat baik. Hal tersebut bahkan diakui oleh salah satu pelatih yang menilai jika para atlet diberi balas jasa yang sangat mewah, dan dilatih dengan keras dalam program yang didukung oleh pemerintah.

"Pemimpin tertinggi kami sudah mengembangkan semua fasilitas olahraga secara maksimal dan popularitas angkat besi di penjuru Korea Utara sangat tinggi," ujar pelatih Korea Utara dikutip dari Daily Star.

© INTERNET
Caption Copyright: INTERNETCaption

"Kami memiliki banyak pelatihan anak muda di cabang olahraga angkat besi dan Pemimpin Besar Kim Jong Un mencoba untuk menampilkan atlet angkat besi sebanyak mungkin. Kita semua makan makanan yang sama bersama-sama dan kita berlatih di fasilitas yang baik, tidak hanya di Pyongyang tapi di seantero negeri," lanjutnya.

Namun, kecintaan Kim Jong Un terhadap dunia olahraga ternyata tak berhenti dengan mendukung sarana dan prasarana pengembangan atlet. Dirinya dipercaya juga memiliki ketertarikan tersendiri dengan dunia olahraga, bahkan ia juga menggeluti beberapa olahraga, seperti yang INDOSPORT rangkum berikut ini.