Almarhum Julia Perez dan 5 Sosok non Atlet yang Jadi Kartini Dunia Olahraga Indonesia

Sabtu, 21 April 2018 15:10 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Internet
Deliana Fatmawati, wasit wanita Indonesia berlisensi FIFA. Copyright: © Internet
Deliana Fatmawati, wasit wanita Indonesia berlisensi FIFA.
3. Deliana Fatmawati

Seiring berjalannya waktu, sepakbola bukan lagi olahraga yang dikhususkan untuk kaum laki-laki, tetapi juga untuk perempuan. Buktinya, setiap ada pertandingan sepakbola, sosok wanita selalu terlihat menghiasi beberapa sisi stadion.

Tidak hanya itu, saat ini pun mulai banyak pesepakbola wanita profesional. Buktinya, ada Timnas Wanita di beberapa negara anggota FIFA. Termasuk Indonesia, di mana Timnas Wanita U-15 bakal berlaga di Piala AFF U-15 2017 di Laos pada 7-20 Mei 2017.

Namun, selain menjadi pendukung atau pemain, ada satu posisi lagi yang sekarang mulai diisi kaum perempuan dalam pertandingan sepakbola, yakni sebagai pengadil lapangan atau wasit.

Contohnya seperti yang ditunjukkan oleh wanita cantik bernama Deliana Fatmawati. Ia merupakan sedikit wasit wanita di Indonesia. Hebatnya, Deliana juga menjadi salah satu wasit Indonesia yang sudah mengantongi lisensi dari FIFA.

"Awal mula itu tahun 201 saya mengambil lisensi C3 di tahun 2011, lalu berturut turut C2 hingga C1 sampai akhirnya di 2017 saya berhasil dapat lisensi FIFA berarti dari 2011 sampai 2017 itu enam tahun seperti sekolah SD," saat dihubungi awak INDOSPORT pertengahan April 2017 lalu.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%