Terhambat Proses Naturalisasi, Atlet Hong Kong Batal ke Asian Games 2018

Kamis, 9 Agustus 2018 21:36 WIB
Penulis: Yasmin Rasidi | Editor: Arum Kusuma Dewi
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang akan dimulai seminggu lagi. Tetapi sejumlah atlet ternyata masih terkendala dengan urusan non teknis.

Atlet triatlon Hong Kong Oscar Coggins masih berpaspor Inggris walau lahir di Hong Kong. Masalahnya, proses naturalisasi juara Asia dua kali ini menjadi warga Hong Kong tidak bisa terselesaikan dalam waktu singkat.

Akibat masalah ini juga, dikhawatirkan dia tidak akan bisa berlaga di ajang Asian Games yang akan berlangsung dari 18 Agustus 2018 hingga 2 September 2018 di Jakarta dan Palembang.

 "Karena masalah paspor saya tak bisa ikut serta," ujarnya kepada South China Morning Post.

"Proses naturalisasi Hong Kong, yang menjadi bagian paling berat, sudah selesai namun saya masib menunggu penolakan dari pihak Inggris yang malah lebih lama dari perkiraan saya."

Coggins berharap masalah paspor ini akan cepat selesai sehingga dia bisa mewakili Hong Kong di Olimpiade Tokyo 2020. Lolos ke Olimpiade tentunya menjadi impian semua atlet.

Coggins meraih sukses dengan meraih Piala Asia pada 4 Agustus 2018 lalu di Almaty, Kazakhstan. Itu adalah kejuaraan senior pertamnya setelah menyelesaikan sekolah menengahnya di Millfield School, Inggris.

Dia sendiri tidak menyangka akan menang di kejuaraan itu.

"Dalam beberapa tahun terakhir pencapaian saya ada peningkatan dari 10 besar ke lima besar. Namun kemenangan ini benar-benar diluar prediksi saya."

Dia berencana akan melanjutkan kuliahnya di universitas bergengsi Lougborough di Inggris.

Jersey Timnas Indonesia di Asian Games 2018

Terus Ikuti Berita Serba-serbi Asian Games 2018 di INDOSPORT.

2