Jumlah Uang yang Dikeluarkan Pemerintah untuk Peraih Medali Asian Games 2018

Minggu, 2 September 2018 17:35 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Bonus dari Asian Games 2018 merupakan salah satu yang ditunggu-tunggu oleh para atlet atau pelatih. Terlebih bagi mereka yang mampu menyumbangkan medali di perhelatan Asian Games 2018.

Jelang Closing Ceremony atau Penutupan Asian Games 2018 pada Minggu (02/09/18) segenap pemerintah baru saja memberikan bonus-bonus yang disediakan untuk para atlet, pelatih, serta asisten pelatih.

Berbeda dari pembagian bonus yang sebelumnya, pada edisi Asian Games tahun ini diungkapkan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi kalau atlet yang dapat bonus tidak hanya mereka yang meraih medali.

"Untuk Asian Games ini kira-kira Rp210 miliar disediakan. Yang menarik adalah di tahun ini atlet yang tidak dapat medali juga diberikan bonus, besarannya Rp20 juta," kata Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi di Istana Negara Jakarta, dikutip dari Antara.

Imam pun menambahkan bahwa total uang yang diberikan adalah sebesar 210 miliar. Namun jumlah itu tidak termasuk dengan Asian Para Games, yang baru akan digelar Oktober mendatang.

"Rp210 miliar sudah untuk nonmedali termasuk di situ. Itu untuk Asian Games, Asian Para Games lain lagi, semua sama, penyetaraan dan sudah dilakukan sejak beberapa tahun yang lalu," tambah Imam.

© Twitter.com/Imam Nahrawi
Pemberian bonus atlet berprestasi peraih medali Asian Games 2018 di Istana Negara Jakarta. Copyright: Twitter.com/Imam NahrawiPemberian bonus atlet berprestasi peraih medali Asian Games 2018 di Istana Negara Jakarta.

Bagi peraih medali emas, bonus yang diberikan adalah sebesar Rp1,5 miliar secara penuh tanpa dipotong pajak. Untuk pasangan atau ganda, mendapatkan Rp1 miliar per orang dan Rp750 juta per orang untuk beregu.

Peraih medali perak untuk tunggal mendapatkan Rp500 juta, ganda Rp400 juta, dan beregu Rp300 juta per orang. Sedangkan untuk perebut medali perunggu, dihadiahi Rp250 juta, ganda Rp200 juta dan beregu Rp150 juta per atlet.

Sementara lain lagi dengan pelatih. Bagi pelatih yang anak didiknya meraih medali emas mendapatkan Rp450 juta, perak Rp150, perunggu Rp75 juta.

Asisten pelatih perorangan/ganda mendapatkan Rp300 juta untuk emas, Rp100 juta untuk perak, dan Rp50 juta untuk perunggu.

"Pelatih dan asisten pelatih dapat, mestinya cair hari ini, semua penerima per hari ini bisa melihat angkanya di buku tabungan. Ini bersejarah juga. Baru kali ini sepanjang pemberian bonus adalah yang tercepat," jelas Imam.

Penulis: Dimas Ramadhan Wicaksana

Ikuti Terus Berita Olahraga dan Asian Games 2018 hanya di INDOSPORT