Dampak Positif Asian Games 2018 pada Masyarakat Indonesia

Jumat, 7 September 2018 10:02 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Indonesia telah menunjukan kinerja yang baik sebagai tuan rumah perhelatan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang. 

Indonesia, selain sukses menghimpun 98 medali melalui para atletnya, juga telah menunjukan hasil kerja yang cemerlang dalam menyelenggarakan pesta olahraga akbar se-Asia itu.

Keberhasilan Indonesia dalam menyelenggarakan Asian Games, dinilai tidak hanya terwujud melalui prestasi yang ditorehkan para atlet dan panitia penyelenggara.

Masyarakat Indonesia pun juga dinilai telah memberi sumbangsih besar dalam mensukseskan Asian Games ke-18 dengan mampu menjaga kebersihan lingkungan di venue berlangasungnya Asian Games.

Hal tersebut disampaikan oleh pihak ISS Indonesia, yang menjadi penyedia layanan kebersihan selama Asian Games 2018 berlangsung.

ISS Indonesia mengaku kepedulian masyarakat Indonesia dalam menjaga kebersihan di sejumlah fasilitas di Gelora Bung Karno patut untuk diapresiasi. 

"Banyak dari masyarkat kini sadar untuk membuang sampah pada tempatnya. Kemarin kami tempatkan sejumlah tong sampah di plaza tenggara dan hampir penuh semua," ungkap Wakil Presiden Eksekutif ISS Indonesia Harinuran Dongoran di Pakubuwono, Jakarta Selatan, Kamis (06/09/18).

"Ini luar biasa menurut saya perubahan perilaku dari masyarakat Indonesia. Saya lihat ini bentuk dari semangat masyarakat yang ingin agar Asian Games ini berhasil. Itu sebenarnya yang memotivasi mereka," ujar Harinuran kembali.

© INDOSPORT/Zainal Hasan
Petugas kebersihan langsung bersihkan sampah usai acara penutupan Asian Games 2018. Copyright: INDOSPORT/Zainal HasanPetugas kebersihan langsung bersihkan sampah usai acara penutupan Asian Games 2018.

Ia juga mengatakan bahwa masyarakat Indonesia mengalami perubahan drastis dibandingkan dari beberapa waktu lalu ketika Piala Presiden dihelat di GBK. 

"Piala presiden beberapa waktu lalu diwarnai aksi perusakan oleh suporter. Namun, kini kami sangat menghargai dan berterima kasih atas kontribusi masyarakat dan para relawan kebersihan. Ini artinya kita sudah memiliki pemahaman yang sama bahwa GBK adalah aset bangsa yang harus dijaga bersama," tutur Harinuran.

Sudah sejak 2017 lalu, ISS Indonesia menangani urusan kebersihan di beberapa kompetisi olahraga yang diadakan di GBK seperti Piala Presiden dan Asian Games 2018. ISS mengerahkan 600 cleaner untuk menjaga kebersihan area ring 1 dan ring 2 (GBK dan sekitarnya) pada gelaran Asian Games 2018.

Penulis: Bagas Rahadian

Terus Ikuti Berita Sepak Bola dan Olahraga Lainnya serta Serba-serbi Asian Games 2018 Hanya di INDOSPORT