Jelang Haornas, Ini Aksi Kemanusiaan INAPGOC

Sabtu, 8 September 2018 19:57 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Media INAPGOC
Ketua INAPGOC, Raja Sapta Oktohari beserta jajarannya. Copyright: © Media INAPGOC
Ketua INAPGOC, Raja Sapta Oktohari beserta jajarannya.

INDOSPORT.COM - Sukses menggelar Asian Games 2018, Indonesia kini masih menyisakan event Asian Para Games 2018 sebagai tuan rumah.

Indonesia Asian Para Games 2018 Organizing Committee (INAPGOC) mulai menggemakan ajang kompetisi olahraga untuk penyandang disabilitas tersebut, seperti saat momentum pembukaan Hari Olahraga Nasional (Haornas) di Ternate, Maluku Utara, Jumat (07/09/18).

Salah satu rangkaian acara Haornas adalah Pawai Obor Asian Para Games, di mana api untuk obor tersebut diambil langsung dari api abadi yang terdapat di Indonesia.

“Api lentera Asian Para Games 2018 memang diambil dari api abadi Mrapen, Jawa Tengah. Lalu dibawa ke Ternate untuk dimulai pawai obor. Pawai obor ini menjadi rangkaian kegiatan Asian Para Games pada 6-13 Oktober,” ucap Sekretaris Jenderal INAPGOC Bayu Rahadian sebagaimana dikutip dari Antara.

INAPGOC pun berharap masyarakat tetap antusias dengan ajang olahraga sebagaimana Asian Games lalu.

Khususnya di Asian Para Games, tidak hanya aspek prestasi yang diperhatikan, namun juga harus berdampak pada aspek kemanusiaan.

“Kami tidak hanya berharap sukses penyelenggaraan, melainkan keberlangsungan kepedulian terhadap sesama sehingga Indonesia menjadi negara besar yang ramah kepada disabilitas,” tukas Bayu.

Asian Para Games sendiri merupakan sebuah ajang kompetisi olahraga untuk penyandang disabilitas, di mana pada tahun ini akan diselenggarakan di Indonesia pada 6-13 Oktober 2018.

Akan ada 17 cabang olahraga yang akan dipertandingkan dalam berbagai nomor. Adapun cabor tersebut adalah panahan, atletik, badminton, boccia, catur, bersepeda, bola gawang, judo, bola rumput, powerlifting, berenang, menembak, bowling, tenis meja, voli duduk, basket duduk, tenis duduk, dan anggar duduk.

Penulis: Martini

Ikuti Terus Berita Sport dan Sepak Bola hanya di INDOSPORT