Rekor Dunia Pecah di Asian Para Games 2018, Apa Itu?

Selasa, 9 Oktober 2018 17:05 WIB
Penulis: Coro Mountana | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© asianparagames2018
Sebuah rekor dunia kembali pecah dalam perhelatan Asian Para Games 2018. Kali ini datang dari atlet para-atletik Uzbekistan, Norbekob Khusniddin. Copyright: © asianparagames2018
Sebuah rekor dunia kembali pecah dalam perhelatan Asian Para Games 2018. Kali ini datang dari atlet para-atletik Uzbekistan, Norbekob Khusniddin.

INDOSPORT.COM - Dalam sebuah perlombaan olahraga di tingkat apapun, baik itu dunia, regional seperti Asia Tenggara, bahkan nasional, akan selalu tercipta suatu rekor dunia. Uniknya, rekor dunia seakan tercipta hanya untuk dilampaui oleh atlet di pagelaran olahraga selanjutnya

Itulah yang terjadi pada cabang olahraga para-atletik Asian Para Games 2018 di Jakarta, seorang atlet Uzbekistan, Norbekob Khusniddin memecahkan rekor dunia yang sudah bertahan selama 10 tahun. Norbekob turun di nomor tolak peluru F35 yang bertempat di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Pada nomor yang diikutinya, andalan Uzbekistan itu berhasil melempar dengan jarak yang sangat jauh. Tercatat jarak lemparan yang dilakukannya mencapai 16,35 meter dari titik tolakan peluru.

Capaian itu sudah cukup mengalahkan rekor dunia yang diraih oleh atlet asal Tiongkok, Wei Guo di ajang Paralimpiade Beijing 2008. Kala itu ia berhasil melempar sebuah bola dengan jarak mencapai 16,22 meter.

Otomatis, Khusniddin mencatatkan namanya sebagai atlet dengan lemparan terjauh di dunia. Rekor itu tentunya menunggu untuk dipecahkan oleh atlet lain di ajang berikutnya.

Selain memecahkan rekor, Norbekop juga berhasil mendulang medali emas untuk negaranya di ajang Asian Para Games 2018. Sementara itu, medali perak diamankan oleh Javanmardi (Iran) dan medali perunggu diraih oleh Fu Xinhan asal Tiongkok.

Atlet asal Indonesia masih belum berhasil mendapatkan medali pada nomor tolak peluru. Akan tetapi, jika dibarengi dengan latihan keras dan perbesar massa otot tangan, bukan tidak mungkin nanti giliran orang Indonesia yang mampu memcahkan rekor dunia.

Terus Ikuti Perkembangan Terbaru Asian Para Games 2018 dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM