Cabang Olahraga PON 2020 Masih dalam Pengkajian

Senin, 4 Februari 2019 16:28 WIB
Editor: Lanjar Wiratri
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat bersama KONI Provinsi Papua masih terus melakukan perbincangan mengenai jumlah cabang olahraga yang akan dipertandingkan dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020.

Selain itu, terdapat lima cabang olahraga (cabor) yakni boling, panjat tebing, bola tangan, bola keranjang, dan arung jeram pada PON Papua 2020 yang masih dibahas terkait kontribusinya.

Dilansir dari Antara, Wakil Ketua Umum I KONI Pusat Mayjen TNI, Suwarno, di Jakarta, Senin (04/02/19) mengatakan jika jumlah cabor masih terus dilakukan pembahasan. Ada pula lima cabang olahraga tersebut yang masih belum bisa dipastikan keikutsertaannya.

Pada 2017, Pemerintah Papua mengajukan sebanyak 38 cabang olahraga kepada KONI Pusat. Akan tetapi, kemudian KONI Papua ingin menambah jumlah tersebut. 

Kelima cabor yang masih dibicarakan tersebut masuk dalam total 50 cabor PON Papua 2020, yang mana dari jumlah tersebut, sebanyak 38 cabor berstatus cabor prestasi. Kemudian 12 cabor lainnya adalah berstatus eksebisi. 

Kendati demikian, Suwarno mengatakan bahwa terhadap kelima cabang tersebut, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua menyatakan keberatan. 

"Papua memiliki keterbatasan anggaran untuk menyiapkan venue cabang olahraga tersebut," ujar Suwarno. 

Dari pertemuan Suwarno dengan pihak Pemprov Papua baru-baru ini diperoleh catatan bahwa Gubernur Papua meminta KONI Papua melakukan analisis tentang cabor-cabor tersebut. 

"Gubernur meminta KONI Pusat agar terus berkomunikasi dengan KONI Papua," tambah Suwarno. 

Akan tetapi, berdasarkan ketentuan yang tercantum di dalam peraturan PON, yaitu dua tahun sebelum pelaksanaan harus sudah diputuskan jumlah cabang olahraga yang akan diperlombakan.

"Kami berharap pembahasan jangan lama-lama supaya bisa dilakukan pembangunan infrastruktur yang diperlukan," pungkas Suwarno.

Hingga sampai saat ini belum ada keputusan atau kesepakatan yang dihasilkan. Serta KONI Pusat bersama KONI Papua masih terus mengkaji lima cabor tersebut.

Ikuti Terus Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT  
 

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%