Nike Rilis Iklan Tentang Wanita-wanita 'Gila' Dalam Olahraga

Selasa, 26 Februari 2019 18:01 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Nike
Nike luncurkan iklan tentang peran wanita dalam olahraga. Copyright: © Nike
Nike luncurkan iklan tentang peran wanita dalam olahraga.

INDOSPORT.COM – Merek apparel olahraga ternama dunia, Nike telah merilis sebuah iklan yang mengangkat tema wanita-wanita ‘gila’ dalam dunia olahraga.

Iklan terbaru tersebut sebagai kampanye peringatan 30 tahun tagline ‘Just Do It’ dengan menyoroti kisah pencapaian, semangat, dan tekat dari para atlet wanita dunia.

Iklan sepanjang 90 detik itu menampilkan sejumlah atlet wanita papan atas seperti Simone Biles, Chloe Kim, anggota Timnas Amerika Serikat, Ibtihaj Muhammad, Caster Semenya, Becky Hammon, Serena Williams dan banyak lagi.

Video komersil itu menceritakan bagaimana wanita yang kuat, mandiri, dan sukses sering mendapatkan stigma ‘gila’ dan dianggap aneh jika mereka berhasil tampil luar biasa di bidang olahraga.

Namun, alih-alih merasa marah dengan stigma tersebut. Iklan itu memberitahu mereka untuk menunjukkan kepada dunia penghinaan dengan anggapan ‘orang gila’ bisa berujung prestasi dan tak berhenti bermimpi.

Nike diyakini belajar dari pengalaman buruk mereka bagaimana perusahaan raksasa tersebut mendapatkan protes keras dari pegawainya sendiri. Sejumlah karyawan mengundurkan diri karena merasa adanya diskriminasi.

Kemudian mantan karyawan Nike menggugat perusahaan, menuduh dalam gugatan bahwa perusahaan mempersulit pekerja wanita dengan gaji lebih rendah dan jenjang karier yang tak adil dibandingkan oleh pekerja pria. Hal ini membuat CEO, Mark Parker berjanji akan mengubah budaya tersebut.

Ikuti Terus Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM