SEA Games 2019 Terancam Batal di Filipina, Ini 4 Alasan Indonesia Layak Gantikannya

Kamis, 21 Maret 2019 17:29 WIB
Editor: Juni Adi
© INDOSPORT
Logo SEA Games 2019. Copyright: © INDOSPORT
Logo SEA Games 2019.

INDOSPORT.COM - Kurang dari beberapa bulan lagi, kabar mengejutkan datang dari Filipina mengenai persiapan mereka menggelar SEA Games 2019.

Pesta olahraga terbesar di kawasan Asia Tenggara ke-30 itu terancam batal digelar di Filipina, menurut kabar dari berita sport The Daily Tribune

Hal tersebut dikarenakan terdapat sejumlah persoalan internal di Filipina. Mulai dari tak disetujuinya anggaran untuk penyelenggaraan, polemik penunjukan Ketua Panitia, hingga kabar akan dipangkasnya anggaran sebesar 33 persen.

Konflik internal itu pun membuat pembangunan sejumlah infrastruktur untuk venue pertandingan dan persiapan menjadi terhambat. Padahal waktu pelaksanaan tinggal 8 bulan lagi.

Lebih lanjut, The Daily Tribune menyebut kalau situasi ini membuat Dewan Federasi Olimpiade Asia Tenggara memantau persiapan Filipina dengan ketat.

Jika tidak ada perubahan situasi, Dewan Federasi Olimpiade Asia Tenggara akan membuat keputusan untuk mencoret Filipina dari tuan rumah SEA Games 2019, dan mengalihkanya ke negara lain dalam waktu dekat.

Dua negara disebut-sebut akan menjadi kandidat terdepan sebagai pengganti yakni Indonesia dan Thailand. Namun Indonesia nampaknya lebih layak daripada Thailand. Berikut empat alasannya:

1. Berpengalaman Menggelar Event Besar

Di kawasan Asia Tenggara, Indonesia bisa dibilang jadi negara yang kerap menggelar event olahraga kelas dunia baik level Asia maupun ASEAN.

Yang terbaru, Indonesia baru saja menggelar pesta olahraga terbesar Benua Kuning, Asia Games 2018, yang berlangsung sukses.

Hal tersebut bisa jadi bahan pertimbangan Dewan Olimpiade Asia Tenggara, untuk condong memilih Indonesia menggantikan Filipina. Terakhir kali Indonesia menggelar SEA Games pada tahun 2011 lalu, yang juga berlangsung sukses.

2. Infrastruktur Memadai

Jika Filipina terkendala dalam membangun infrastruktur untuk venue pertandingan, tidak halnya untuk Indonesia. Sebab, mereka sudah memiliki sejumlah infrastruktur pertandingan olahraga bertaraf internasional. Bahkan baru-baru telah direnovasi menjadi lebih baik, saat akan menggelar Asia Games 2018 lalu. 

3. Keamanan Terjamin

Tahun 2019 ini bisa dibilang jadi tahun yang cukup sibuk untuk Kepolisian Republik Indonesia, dalam menjaga keamanan negara. Sebab akan ada pemilihan umum Presiden, yang pastinya menyita banyak perhatian.

Namun, hal tersebut tidak mengganggu keamanan dalam pelaksanaan SEA Games 2019 nanti, jika dialihkan ke Indonesia dari Filipina.

Sebab, Pemilu Presiden sendiri akan terlaksana pada bulan April, sedangkan SEA Games 2019 baru akan digelar pada November hingga Desember.

4. Antusiasme Tinggi Suporter

Dan yang paling penting jika terwujudnya wacana Indonesia menggantikan Filipina jadi tuan rumah SEA Games 2019, akan berlangsung meriah.

Sebab, antusiasme masyrakat Indonesia untuk menyaksikan event olahraga dan mendukung negaranya sangat tinggi. Terbukti dari ajang Asia Games 2018 lalu, dimana tiket selalu habis dan venue selalu penuh. 

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
100%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%