Komunitas Sehat

Daripada Kena Denda Rp750 Ribu Karena Rokok, Lebih Baik Lakukan 3 Olahraga Ini

Jumat, 5 April 2019 15:51 WIB
Editor: Yohanes Ishak
© Witthaya Prasongsin/Getty Images
Ilustrasi kendaraan motor. (Witthaya Prasongsin/Getty Images) Copyright: © Witthaya Prasongsin/Getty Images
Ilustrasi kendaraan motor. (Witthaya Prasongsin/Getty Images)

INDOSPORT.COM – Baru-baru ini, Kementrian Perhubungan (Kemenhub) mengeluarkan aturan baru mengenai larangan merokok saat sedang berkendara. Tidak main-main, bagi pelaku yang melanggar peraturan tersebut bisa terkena sanksi sebesar Rp750 ribu.

Adanya peraturan itu pasti menjadi kabar gembira bagi pengendara yang tidak merokok. Pasalnya selain beresiko meningkatkan angka kecelakaan di jalan, merokok saat berkendara juga menimbulkan dampak negatif pada kesehatan si perokok dan orang lain yang ada disekitarnya.

Banyak perokok berdalih bahwa penyebab mereka menghisap rokok saat berkendara adalah karena untuk menghindari rasa lelah dan kantuk saat sedang berkendara.

Padahal, merokok tidak hanya berdampak bagi perokok itu sendiri. Namun, asap rokok yang dihirup orang lain juga dapat membahayakan kesehatannya. Orang yang ikut menghirup asap rokok (tapi tidak merokok) disebut perokok pasif.

Sebenarnya, ada tiga gerakan olahraga ringan untuk mengatasi rasa lelah dan kantuk yang menyerang seseorang selama berkendara, daripada harus menyalakan rokok ditengah-tengah perjalanan.

Namun perlu diingat, sebelum melakukan gerakan ini pastikan kondisi jalanan dalam keadaan lengang dan aman. Selain itu lakukan gerakan ini dalam kecepatan rendah.

Berikut INDOSPORT akan mengulas tiga olahraga ringan yang bisa dilakukan saat sedang berkendara.

Latihan punggung

Pertama, Duduklah dengan posisi tubuh yang santai saat sedang mengendarai mobil atau motor. Kemudian mulailah menunduk perlahan-lahan menuju ke arah kaki.

Tahan tubuh hingga lima detik dan luruskan kembali tubuh Anda sampai lurus badan tegak kembali. Ulangi prosesnya beberapa kali.

Kedua, duduklah tegak kemudian atur napas dengan baik. Saat menarik napas, kencangkan perut Anda ke arah tulang belakang. Pastikan punggung tetap lurus. Tahan lima detik. Hembuskan napas dan lepaskan perut ke posisi semula. Ulangi lima kali.

Latihan leher

Pertama, Duduklah dengan tegak, kemudian putar kepala ke arah kanan. Tahan selama lima detik. Ulangi untuk arah kiri. Kedua, Duduklah lurus dan pandangan mata ke depan. Kemudian miringkan kepala ke arah kanan. Miringkan sampai Anda merasa otot leher meregang. Tahan selama lima detik, kemudian ulangi lagi di sisi lainnya.

Ketiga, gerakan kepala ke bagian atas. Tahan selama lima detik. Ulangi lima kali. Kemudian ulangi lagi ke arah sebaliknya (menunduk).

Latihan lengan

Letakan tangan Anda di kemudi motor atau mobil dan luruskan siku. Lakukan gerakan menarik dan mendorong seperti sedang push-up. Lakukan dalam hitungan lima detik, kemudian ulangi selama empat kali.

Ikuti terus tips dan trik berolahraga di INDOSPORT.COM

Penulis: Risto Risanto

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%