Jokowi Ungkit eSport Mobile Legend di Debat Pamungkas Capres-Cawapres

Minggu, 14 April 2019 05:24 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Abdurrahman Ranala
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Olahraga elektronik atau sering disingkat eSports turut dibahas dalam debat pamungkas kelima Capres-Cawapres, Sabtu (13/04/19), di Hotel Sultan, Jakarta Selatan.

Calon Presiden nomor urut 01, Joko Widodo menanyakan soal perkembangan ekonomi digital yang mengerucut ke bidang eSports.

“Apa yang Prabowo-Sandiaga akan lakukan dalam rangka perkembangan ekonomi digital, eSports Mobile Legends ke depan,” tanya Jokowi.

Ditanya perihal eSports, Calon Presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto, menyerahkan pertanyaan Jokowi tersebut kepada wakilnya, Sandiaga Uno.

Sandiaga mengatakan, pihaknya siap membuka lapangan kerja di sektor ekonomi kreatif dengan hadirnya eSport seperti Mobile Legends.

“Esports sangat berkembang seiring perkembangan ekonomi dan teknologi. Kita bisa menciptakan ekonomi kreatif. Milenial sangat kreatif saya sebut generasi pop, kita tidak bisa meregulasi industri yang sangat cepat berkembang ini. Intinya, kami akan membuka lapangan kerja seluas-luasnya.”

"Kami akan memfasilitasi, salah satunya melalui Rumah Siap Kerja, akan diberikan pelatihan-pelatihan esports dan melahirkan juara-juara dunia. Ekonomi digital harus mambuka lapangan kerja,” terang Sandiaga.

Esports diketahui menjadi permainan yang tidak dapat diabaikan. Cabang olahraga anyar ini turut menyumbang angka pertumbuhan ekonomi dalam negeri.

Jokowi menerangkan, nilai ekonomi eSports tumbuh sangat pesat. Pada tahun 2017, perputaran uang eSports mencapai 11-12 triliun atau tumbuh 35 persen per tahun.

Ikuti Terus Berita eSports dan Olahraga Lainnya di INDOSPORT.COM