Formula 1

Rambah Video Game, Ferrari Resmi Bergabung di Kejuaraan e-Sports F1

Sabtu, 1 Juni 2019 18:56 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Yohanes Ishak
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Ferrari telah resmi memutuskan untuk merambah dunia video game dengan bergabung di kejuaraan e-Sports Formula 1 (F1).

Melansir dari laman berita sports di Reuters, pabrikan yang berjuluk Kuda Jingkrak ini akhirnya tertarik untuk bergabung setelah memilih untuk tidak berpartisipasi dalam dua musim pertama kejuaraan virtual tersebut.

Kehadiran Ferrari dinilai menjadi tonggak penting oleh Julian Tan selaku perwakilan e-Sports F1, karena akan melengkapi sembilan tim pabrikan lainnya.

“Mereka melihat potensi besar e-Sports di F1 dan mereka mengakui pentingnya program ini sebagai bagian untuk menjaungkau audiens baru. Kami benar-benar berharap untuk bekerja dengan semua tim untuk membuat musim ini sukses,” kata Julian Tan.

Ini berarti, Ferrari akan segera bergabung dengan Mercedes, Red Bull, Force India, Williams, Renault, Haas, Toro Rosso, McLaren, dan Sauber yang sudah berpartisipasi sejak kompetisi ini dimulai.

Kejuaraan ini akan dimulai dengan bersaing di empat babak kualifikasi untuk mendapatkan tempat di proses seleksi yang dinamakan Pro Draft pada Juli mendatang.

Nantinya Pro Draft tersebut yang akan menentukan jajaran pembalap masing-masing tim, untuk berlaga di empat babak lagsung dan menentukan siapa yang akan menjadi juara pada September dan Desember.

Para pemenang akan mendapatkan hadiah uang fantastis senilai 500 ribu dollar AS atau setara dengan Rp7 miliar. Nilai tersebut meningkat dibandingkan dengan hadiah tahun lalu yakni hanya sekitar 200 ribu dollar AS (Rp2,8 miliar).

Ajang balap mobil Formula 1 memang dari masa ke masa cukup menyedot perhatian masyarakat dunia, termasuk Indonesia. Tak heran jika Formula 1 kerap meramaikan di sejumlah halaman atau kanal dari berita olahraga yang tentu diminati oleh sejumlah pencinta otomotif atau penggemar F1 sejati.