Komunitas Sehat

4 Olahraga Santai Agar Tubuh Kembali Bugar Sehabis Mudik

Jumat, 7 Juni 2019 04:47 WIB
Penulis: Shintya Maharani | Editor: Yohanes Ishak
© VideoBlocks
Jalan kaki merupakan salah satu bagian dari olahraga. Copyright: © VideoBlocks
Jalan kaki merupakan salah satu bagian dari olahraga.

INDOSPORT.COM - Olahraga jelas sangat penting dilakukan agar bisa menjaga kesehatan pada tubuh kita dalam waktu apapun.

Seperti yang kita ketahui, tradisi mudik ke kampung halaman saat Hari Raya Idul Fitri sudah menjadi tradisi paten yang dilakukan secara rutin di setiap tahunnya di Indonesia.

Ruas-ruas jalan penghubung antardaerah dan provinsi pun ramai dipadati alat transportasi seperti mobil, hingga sepeda motor. Berbagai transportasi umum pun tidak kalah padat, seperti tiket pesawat, kapal, bis pun habis terjual.

Jika sudah seperti itu, kemacetan dan perjalanan yang panjang serta melelahkan pun tidak dapat dihindari. sedangkan kondisi fisik yang lelah akan membuat waktu liburanmu terbuang sia-sia dan menjadi tidak maksimal.

Terlebih, seusai mudik aktivitas sehari-hari pun langsung kembali normal. Maka dari itu, jangan lupa untuk minum air putih yang cukup, buat badan rileks selagi bisa, atur pola makan, dan yang terakhir adalah berolahraga.

Namun, olahraga seperti apa yang pas untuk mengembalikan tubuh agar kembali bugar sehabis mudik? Berikut rangkumannya:

1. Jalan Santai

Sederhana namun mempunyai efek yang luar biasa, yakni jalan santai. Anda bisa melakukan ini dengan cara mengitari jalan sekitar rumah atau pergi ke tempat-tempat yang menenangkan, seperti taman dan sejenisnya.

Hal ini berfungsi untuk meregangkan otot kaki yang lelah ketika berkendara atau duduk di dalam kendaraan. Lakukan secukupnya, maksimal 30 menit saja.

2. Yoga

Bukan hanya untuk kesehatan mental dan pikiran, Yoga juga berguna untuk meredakan sakit pada fisik, terutama pada punggung.

Gerakan yoga mampu meredakan nyeri dan sakit pada punggung. Selain itu juga dapat membuat bagian tubuh yang tegang dan kaku menjadi lentur.

Cukup dengan gerakan ringan seperti Mountain Pose, Bridge Pose, dan Upward Facing Dog Pose.

3. Lari

Selain murah atau bahkan gratis, olahraga ini bisa dilakukan di sekitar rumah saja atau dimana saja.

Dengan lari sehabis mudik, peredaran dalam tubuh bisa berjalan dengan lancar sehingga membuat tubuh menjadi lebih rileks dan tidak pegal lagi.

Dengan berlari, Anda juga akan mengeluarkan emosi penat yang disebabkan oleh macetnya jalanan, letih berkendara, dan lainnya.

4. Renang

Pada saat mudik tubuh bagian punggung, panggul, bokong, kaki, dan juga bahu pasti merasa pegal dan letih karena terlalu lama berada di dalam kendaraan.

Oleh karena itu, dengan melakukan renang Anda bisa kembali melonggarkan dan melatih kelompok otot dari bagian tubuh di atas.

Dengan olahraga berenang, massa otot juga kembali terbangun sehingga membuat Anda menjadi lebi tenang dan rileks setelahnya.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%