Anggaran Terbatas, Pejabat Kemenpora Minta Perwakilan Cabor Realistis

Jumat, 21 Juni 2019 13:53 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© INDOSPORT
Pejabat Kemenpora, Gajah Nata Surya, meminta agar para pengurus cabang olahraga mengajukan dana serealistis mungkin untuk pelatnas SEA Games 2019 Filipina. Copyright: © INDOSPORT
Pejabat Kemenpora, Gajah Nata Surya, meminta agar para pengurus cabang olahraga mengajukan dana serealistis mungkin untuk pelatnas SEA Games 2019 Filipina.

INDOSPORT.COM - Pejabat Kemenpora, Gajah Nata Surya, meminta agar para pengurus cabang olahraga mengajukan dana serealistis mungkin untuk pelatnas SEA Games 2019 Filipina mengingat terbatasnya anggaran dana dari pemerintah.

Gajah Nata Surya selaku pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Olahraga Prestasi (Opres) Kemenpora menjelaskan bahwa dari 53 cabang olahraga yang telah disiapkan untuk bertanding di pesta olahraga dua tahunan se-Asia Tenggara tersebut, terdapat 28 cabor yang baru menandatangani MoU dan minggu depan akan menyusul 8 cabor lagi.

"PPK akan mendatangani MoU dengan perwakilan cabor berdasarkan rekomendasi yang diperoleh dari tim verifikasi yang telah menilai kelayakan dari jumlah anggaran yang diajukan," ujar Gajah dilansir dari situs ANTARA News.

Gajah pun juga mengaku penolakan yang diajukan oleh beberapa cabor tertentu terkait revisi anggaran oleh tim verifikasi karena jumlah anggaran yang diajukan tidak sesuai dengan dana yang tersedia.

"Rata-rata anggaran yang diajukan di atas Rp20 miliar dan kalau disetujui untuk 53 cabor. Tentu saja anggaran pemerintah tak cukup. Makanya dibentuklah tim verfikasi untuk mempelajari jumlah anggaran yang diajukan," pungkasnya.

Pemerintah mengalokasikan dana sebesar Rp700 miliar untuk 53 cabang olaharaga prestasi dan National Paralympic Committee (NPC) di mana dana tersebut diharapkan sudah bisa terserap maksimal Juli mendatang, mengingat SEA Games 2019 Filipina akan diselenggarakan akhir November mendatang.