Komunitas Sehat

5 Alasan Olahraga Wajib Ditemani Musik Menurut Penelitian

Sabtu, 29 Juni 2019 17:15 WIB
Penulis: Ridi Fadhilah Khan | Editor: Arum Kusuma Dewi
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Olahraga dan musik sepertinya tidak bisa dipisahkan. Keduanya bak simbiosis mutualisme yang saling membutuhkan. Kali ini, INDOSPORT akan membagikan 5 alasan wajib untuk berolahraga sambil ditemani alunan lagu.

Dalam kesehariannya, setiap manusia pastinya tak bisa lepas dari alunan musik yang berdendang. Apapun kegiatannya. Mulai dari belajar, beristirahat hingga berolahraga.

Untuk poin terakhir yang disebutkan, ternyata terdapat sebuah memiliki manfaatnya tersendiri untuk setiap orang yang sedang berolahraga.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Brunel University, disebutkan bahwa tempo musik memiliki pengaruh besar dalam minat dan semangat seseorang untuk berolahraga. Setidaknya, tempo musik yang cepat akan memacu adrenalin seseorang ketika berolahraga.

INDOSPORT pun coba mengulik lebih dalam lagi perihal pengaruh musik dalam berolahraga. Dilansir dari blog Fitbit, berikut 5 alasan wajib untuk mendengarkan musik ketika berolahraga.

1. Menambah Kecepatan dalam Berolahraga

© hellosehat.com
Ilustrasi Lari. Copyright: hellosehat.comIlustrasi Lari.

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, lagu bertempo cepat memiliki pengaruh besar untuk seseorang dalam ketika berolahraga, khususnya untuk olahraga kardio.

Entah apapun jenis kardio yang dijalaninnya, baik itu bersepeda atau berlari, lagu dengan tempo cepat diyakini bisa membuat kita juga semakin cepat dalam berolahraga, ketika bersepeda atau berlari.

Pada tahun 2014, Marek Franek, Leon van Noorden dan Lukas Rezny, pernah melakukan penelitian akan hal tersebut. Menariknya, ketiganya berhasil membuktikan bahwa lagu bertempo cepat bisa membuat pola pikir kita juga semakin cepat, walaupun nadanya tidak beraturan.

2. Membuat Lebih Enerjik
Selain olahraga kardio, mendengarkan alunan musik sambil berolahraga nyatanya juga berpengaruh untuk energi yang kita miliki.

Hal ini terbukti dengan adanya sebuah penelitian yang dilakukan oleh California State University. Dalam penelitian tersebut, dikatakan bahwa lagu yang tepat bisa membuat seseorang lebih enerjik ketika berolahraga. Tepatnya untuk olahraga-olahraga yang bertujuan untuk mengencangkan otot, seperti Squat.

3. Bisa Menambah Mood Saat Berolahraga

© cbhs.com.au
Ilustrasi persiapan olahraga Copyright: cbhs.com.auIlustrasi persiapan olahraga

Sedari dulu, musik memang dikenal sebagai salah satu cara untuk seseorang dalam menjaga moodnya, apapun kegiatannya, tak terkecuali saat berolahraga.

Ketika berolahraga, apapun jenis musiknya diyakini bisa menjaga mood seseorang saat berolahraga. Terlebih bila menyetel genre musik kegemaran.

4. Menjadikan Olahraga Terasa Ringan

Tak bisa dipungkiri lagi bahwa olahraga merupakan salah satu kegiatan yang paling menguras energi. Akan tetapi, menurut penelitian yang dilakukan oleh Costas I. Karageorghus dan David-Lee Priest, musik dinilai bisa meringankan olahraga.

Dalam penelitiannya tersebut, disebutkan bahwa musik berperan penting dalam sebearap intensnya seseorang dalam berolahraga. Pasalnya, musik bisa membuat pola pikir seseorang menjadi rileks saat berolahraga, dan membuat fokus.

5. Menjaga Motivasi dalam Berolahraga

© hellosehat.com
Ilustrasi Olahraga. Copyright: hellosehat.comIlustrasi Olahraga.

Yang terakhir, musik ternyata bisa menjadi salah satu cara untuk menjaga motivasi ketika berolahraga. Dalam blognya, Fitbit menyebutkan bahwa musik bisa menjadi salah satu cara untuk mengubah pola pemikiran dalam berolahraga.

Memang motivasi menjadi alasan utama seseorang ketika mereka gagal berolahraga secara intens. Namun, berkat musik seseorang dinilai bisa menjadi lebih termotivasi ketika berolahraga.