Sekolah SMA di Amerika Serikat Buka Ekstrakurikuler eSports, Indonesia Kapan?

Sabtu, 13 Juli 2019 08:22 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Yohanes Ishak
© Arena.ID
Ilustrasi saat bermain Esports Copyright: © Arena.ID
Ilustrasi saat bermain Esports

INDOSPORT.COM – Sebuah Sekolah Menengah Atas (SMA) di Oklahoma, Amerika Serikat membuka kegiatan ekstrakurikuler game eSports.

SMA Sapulpa telah memasukan olahraga virtual dan telah mengadakan uji coba kegiatan eSports ini dengan mendatangkan para gamer profesional.

Melansir dari FOX23, gamer tersebut merupakan pro player yang pernah berlaga di turnamen eSports seperti League of Legends, Overwatch, Madden 19, Rocket League dan Super Smash Bros.

Keputusan sekolah ini bukanlah tanpa alasan belaka. Mereka menilai bahwa eSports menjadi salah satu cara populer bagi siswa untuk mendapatkan beasiswa untuk kuliah.

Sementara di Indonesia sendiri, terdapat sebuah sekolah yakni SMA 1 PSKD yang terletak di Jakarta Pusat, menerapkan program edukasi eSports untuk murid-muridnya sejak tahun ajaran 2016/17.

Di sekolah ini, game eSports seperti DOTA2, Mobile Legends, PUBG, Vain Glory, hingga League of Legends masuk dalam program pembelajaran yang telah dicanangkan.

Hal ini membuktikan bahwa dunia eSports tidak melulu memberikan dampak negatif jika diberikan edukasi serta pengawasan waktu yang baik dan benar.