Indonesia Waspadai Dua Negara Dalam Bursa Tuan Rumah Olimpiade 2032

Minggu, 28 Juli 2019 15:39 WIB
Penulis: Ridi Fadhilah Khan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Getty Images
Thomas Bach dan Erick Thohir. Copyright: © Getty Images
Thomas Bach dan Erick Thohir.

INDOSPORT.COM- Indonesia telah resmi mencalonkan diri sebagai tuan rumah Olimpiade 2032. Walau begitu, Indonesia harus bersaing dengan beberapa negara-negara lainnya yang juga mencalonkan diri, salah satunya adalah Australia yang diyakini akan menjadi pesaing terkuat.

Australia dan Korea Bersatu (Korea Selatan dan Korea Utara), dinilai akan menjadi pesaing terkuat Indonesia dalam bursa pencalonan Olimpiade 2032.

Hal tersebut diutarakan langsung oleh Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Erick Thohir, saat dijumpai pada acara Olympic Day Run, Minggu (28/07/19) di Komplek Gelora Bung Karno.

"Yang pasti Brisbane, Australia, yang juga cukup menjadi saingan juga Korea, yang gabung Korea Selatan dan Korea Utara," ungkap Erick Thohir.

Erick turut menuturkan bahwa nantinya Jakarta akan menjadi pusat utama atau kota tunggal apabila Indonesia terpilih menjadi tuan rumah Olimpiade 2032. Tidak seperti Asian Games 2018 yang terbagi menjadi dua kota Jakarta-Palembang.

"Saya rasa pasti terpusat di Jakarta. Mungkin ada juga sekitar Banten dan Jawa Barat, tapi tidak pisah pulau," lanjut Thohir.

Walau begitu, Indonesia memmiliki modal penting dalam pencalonan tuan rumah Olimpiade 2032, yakni kesuksesan Asian Games 2018 yang lalu. Hal ini turut diakui oleh Direktur Eksekutif International Olympic Committe (IOC), Christophe Dubi.

"IOC sudah mengakui kemampuan Indonesia ketika penyelenggaraan Asian Games dan Asia Paragames 2018 yang berjalan sukses. Kami rasa ini menjadi fondasi yang cukup kuat," ucapnya seperti yang dikulik dari kanal berita Antara.

1