Sesmenpora Minta Industri dan Sport Tourism Diperkuat Lewat UU Olahraga Nasional

Jumat, 16 Agustus 2019 19:15 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Humas Kemenpora
Pemeriksaan Sesmenpora, Gatot S Dewa Broto oleh Satgas Anti Mafia Bola Indonesia. Copyright: © Humas Kemenpora
Pemeriksaan Sesmenpora, Gatot S Dewa Broto oleh Satgas Anti Mafia Bola Indonesia.

INDOSPORT.COM – Sesmenpora Gatot S Dewa Broto membuka kegiatan serap aspirasi revisi UU Sistem Keolahragaan Nasional (SKN), Kamis (15/08/19). Serap aspirasi ini mengangkat tema “Kebijakan dan Strategi Pembinaan dan Pengembangan Olahraga Prestasi Indonesia”.

Dengan hadirnya UU SKN ini membangkitkan harapan bagi bangsa Indonesia, karena itulah terciptanya iklim keolahragaan yang kondusif untuk mendongkrak prestasi olahraga secara nasional dan internasional.

Sayangnya terdapat beberapa keterbatasan yang perlu direvisi agar daya dongkrak peningkatan prestasi terus berkembang secara maksimal, setelah 14 tahun UU SKN ini diudangkan.

“Saya apresiasi bahwa serap aspirasi ini telah melibatkan para akademis dan praktisi olahraga. Saya pesankan tolong waktunya harus jelas dan tidak terlalu lama serta perkuat regulasi secara lengkap sehingga tidak ada celah yang merepotkan di kemudian hari,” kata Sesmenpora Gatot S Dewa Broto, dikutip dari laman resmi Kemenpora.

Terdapat cakupan yang lebih luas yang harus masuk dalam UU SKN, mengingat olahraga saat ini tidak hanya sekedar mengejar prestasi namun ada sisi-sisi industri dan ekonomi yang menjadi perhatian semua pihak yang terlibat.

“Tidak hanya olahraga prestasi, rekreasi, dan pendidikan, tetapi sport industry dan sport tourism harus menjadi cakupan yang diperluas,” jelasnya.

Sebelumnya, Kepala Biro Humas dan Hukum Sanusi melaporkan bahwa serap aspirasi ini merupakan amanat Raker Komisi X DPR RI sekaligus mencermati titik kelemahan yang perlu dibenahi, seperti mengatasi kelangkaan tenaga-tenaga profesional, standar persyaratan tenaga pembinaan, hingga penghargaan dan jaminan sosial atlet.

Peserta serap aspirasi ini dilaksanakan oleh Bagian Hukum Kemenpora dengan melibatkan para akademisi dan praktisi olahraga. Dihadiri oleh Staf Ahli Menpora Bidang Hukum Olahraga Samsudin dan beberapa pejabat Eselon II dan III Kemenpora. 

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%