Dari Urusi Carut-marut PSSI Hingga Buat Indonesia Disorot Dunia, Berikut 5 Fakta Imam Nahrawi

Rabu, 18 September 2019 18:12 WIB
Penulis: Katarina Erlita Cadrasari | Editor: Yohanes Ishak
© Dimas Ramadhan/INDOSPORT
Menpora, Imam Nahrawi ditetapkan tersangka oleh KPK Copyright: © Dimas Ramadhan/INDOSPORT
Menpora, Imam Nahrawi ditetapkan tersangka oleh KPK

INDOSPORT.COM - Sebuah kabar mencengangkan berhembus ketika Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK.

Imam Nahrawi kini menjadi tersangka baru dalam kasus dugaan suap terkait dana hibah KONI dari Kemenpora. Selain Imam Nahrawi, Miftahul Ulum selaku asisten pribadi Menpora juga menyandang stastus yang sama sebagai tersangka.

Berikut sederet fakta tentang Imam Nahrawi yang telah dirangkum oleh INDOSPORT.

  • Tumbuh dan Besar di Jawa Timur

Imam Nahrawi lahir di Bangkalan, Jawa Timur pada 8 Juli 1973. Dari SD hingga SMA ia menempuh studi di Madura. Setelah itu Imam Nahrai lanjut kuliah di UIN Sunan Ampel.

Suami Shobibah Rohmah itu mendapat gelar Doktor Honoris Causa dari UIN Sunan Ampel Surabaya.

  • Punya Karier Politik yang Cemerlang

Imam Nahrawi memulai karier politiknya lewat Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Lewat partai tersebut, ia berhasil terpilih menjadi anggota DPR selama 2 periode, yaitu 2004-2009 dan 2009-2014.

Pada tanggal 27 Oktober 2014, ia resmi dilantik sebagai Menteri Pemuda Dan Olahraga pada Kabinet Kerja Joko Widodo-Jusuf Kalla.

  • Ikut urusi carut-marut PSSI

Sepak bola adalah sektor olahraga yang paling populer di Indonesia, namun organisasi yang menaunginya yaitu PSSI justru carut-marut.

Banyak masalah yang menjerat PSSI mulai dari perebutan kursi kepemimpinan hingga masalah mafia bola dan pengaturan skor.

Di tengah masalah itu, Timnas Indonesia U-22 masih bisa menorehkan juara di ajang Piala AFF 2019. Tentunya Imam Nahrawi turut andil dalam prestasi tersebut.

  • Tak segan beri apresiasi untuk atlet berprestasi

Selama Imam Nahrawi menjabat sebagai Menpora, para atlet berprestasi bisa dibilang bergelimang bonus. Para atlet yang telah mengharumkan nama bangsa di ajang Asian Games 2018 salah satu contohnya.

Tak hanya itu, berbagai prestasi lain yang diraih oleh para atlet Indonesia juga mendapat apresiasi yang setimpak dari Imam Nahrawi.

  • Buat Indonesia Jadi Sorotan Dunia

Indonesia sukses menjadi tuan rumah Asian Games 2018. Tangan dingin Imam Nahrawi turut andil dalam prestasi tersebut.

Penyelenggaraan pesta olahraga terbesar di Asia ini berjalan dengan lancar dan Indonesia jadi sorotan dunia.