Komunitas Sehat

Jangan Salah Fokus! Pole Dance Punya Segudang Manfaat untuk Kesehatan

Jumat, 4 Oktober 2019 12:43 WIB
Penulis: Martini | Editor: Lanjar Wiratri
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Mendengar istilah pole dance, mungkin pikiran Anda langsung membayangkan tarian seksi dengan menggunakan tiang sebagai tumpuan.

Namun, pole dance sebetulnya termasuk jenis olahraga tari yang menyimpan banyak manfaat untuk tubuh. Hal tersebut diungkapkan oleh International Pole Dance Fitness Association (IPDFA).

Pole dance memiliki segudang manfaat khususnya untuk bidang kesehatan, bahkan dapat disetarakan dengan latihan kekuatan intensitas tinggi (HIIT).

Berikut portal media olahraga INDOSPORT merangkum tiga manfaat dari olahraga pole dance.

1. Mengatasi Sakit atau Nyeri

Dilansir dari Healthline, harmonisasi gerakan pole dance bisa membantu mengatasi gejala nyeri kronis, sebab pole dance memanfaatkan semua gerakan tubuh yang bertumpu pada satu titik, guna memperkuat otot inti tubuh secara bersamaan dengan kekuatan tubuh bagian atas dan bawah.

Misalnya saja pada posisi headstand, posisi ini membantu memperkuat otot leher sehingga lama-lama mengurangi rasa nyeri dan sakit.

Secara tidak langsung, pole dance juga membuat tubuh tetap aktif bergerak untuk meregangkan dan melenturkan otot-otot tubuh. Efek dari terus bergerak aktif inilah yang pada akhirnya membantu mengurangi rasa sakit pada tubuh. 

Situs Arthritis Foundation juga merekomendasikan pole dance sebagai latihan yang bermanfaat meredakan masalah nyeri atau radang sendi, serta nyeri pinggul.

2. Membangun dan Mengencangkan Otot

Menurut instruktur pole dance di NY Pole, Tracy Traskos, gerakan tarian ini mengharuskan Anda untuk bisa mantap menggenggam tiang, memanjatnya, dan menahan beban tubuh sendiri agar tidak sampai terjatuh.

Sementara dikutip dari Medical Daily, manfaat melakukan pole dance untuk membangun dan mengencangkan sama seperti latihan beban layaknya angkat besi. Pole dance membangun otot trisep paha bagian depan dan mengencangkan lengan tangan.

3. Meningkatkan Kelenturan Tubuh

Pole dance mengharuskan Anda luwes bergerak untuk menekuk dan meliukkan badan sesuai irama musik. Nah, manfaat yang bisa didapat dari rutin berlatih pole dance yakni membuat badan jadi lentur. 

Selain itu, manfaat gerakan pole dance umumnya lebih banyak bekerja untuk mengurangi ketegangan di otot-otot tubuh. Hal ini juga bisa berdampak ke psikologis, yakni timbulnya rasa kepercayaan diri.