Tak Sekadar Sehat, Ini 5 Manfaat Psikologis Olahraga Muay Thai

Sabtu, 5 Oktober 2019 10:47 WIB
Penulis: Martini | Editor: Lanjar Wiratri
© IG/@catriona_gray
Miss Universe Jalani Muay Thai Copyright: © IG/@catriona_gray
Miss Universe Jalani Muay Thai

INDOSPORT.COM – Olahraga Muay Thai menjadi salah satu yang cukup digemari di Tanah Air dalam beberapa waktu terakhir.

Muay Thai sendiri merupakan olahraga bela diri yang berasal dari Thailand. Kata Muay berasal dari bahasa Sanskerta 'mavya' yang berarti tinju bela diri, sedangkan Thai berasal dari kata Tai yang berarti suku Thai.

Muay Thai biasa disebut dengan sebagai Seni Delapan Tungkai. Teknik ini sarat dengan tendangan, pukulan, siku, dan serangan lutut.

Tak hanya bermanfaat untuk membentuk fisik dan sebagai perlindungan diri, berikut INDOSPORT merangkum tiga manfaat prikologis dari olahraga Muay Thai.

1. Mengurangi Kecemasan

Olahraga Muay Thai mungkin nampak seperti sebuah perkelahian yang bisa meningkatkan kecemasanmu, tapi sebenarnya jika ditekuni dengan baik, Muay Thai dapat menenangkan setelah dilakukan secara rutin.

Raquel Harris dan Edyk Jeffry, pelatih Muay Thai di sekolah seni bela diri New York memaparkan pengalamannya setelah menekuni olahraga asal Thailand tersebut.

“Ada sedikit waktu untuk berpikir dalam olahraga ini, karena Anda terus-menerus bereaksi pada setiap langkah lawan. Muay thai telah membantu saya mengatasi kecemasan dan stres sehari-hari,” tukas keduanya.

2. Melatih Membela Diri Sendiri

Raquel Harris juga menyebutkan jika menekuni olahraga Muay Thai jelas bisa mendorong seseorang untuk melindungi diri sendiri, ketimbang mengharap bantuan orang lain atau lari dari ancaman.

“Dalam situasi kehidupan nyata, saya akan menggunakan lutut, siku dan clinch. The clinch adalah teknik yang melibatkan memegang lawan saat menyerang. Di sini, Anda bisa mendominasi penyerang yang berusaha memegang kendali pada kepala, pergelangan tangan atau pinggang.”

3. Menambah Kepercayaan Diri

Anda bisa mendapatkan kepercayaan dari dalam pelatihan muay thai bukan hanya karena Anda akan menendang tubuh lawan, tetapi karena tiba-tiba menjadi lebih sadar akan semua hal mengagumkan yang dapat dilakukan oleh tubuh.

“Tubuh sering direduksi menjadi terlihat baik, terutama di media sosial, yang mana semua orang ingin cantik dan fotogenik. Tapi Muay Thai mengajarkan Anda bahwa tubuh lebih dari itu, yakni sebagai alat ekspresi,” ungkap pelatih Muay Thai, Dan Roberts.