Termasuk Prabowo, 5 Calon Menteri Jokowi Pernah Miliki Jabatan Penting di Olahraga

Rabu, 23 Oktober 2019 07:21 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Isman Fadil
© INASGOC
Calon menteri era Jokowi, Prabowo Subianto merupakan Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI). Copyright: © INASGOC
Calon menteri era Jokowi, Prabowo Subianto merupakan Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI).

INDOSPORT.COM - Sedikitnya ada 5 calon Menteri Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang pernah miliki jabatan penting di olahraga, termasuk Prabowo Subianto.

Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin telah resmi menjadi pemimpin Indonesia untuk periode 2019-2024. Keduanya dilantik pada Minggu (20/10/19) lalu.

Sejak Senin (21/10/19) hingga Selasa (22/10/19) sejumlah tokoh dari kalangan profesional dan partai hadir ke Istana Negara, Jakarta untuk bertemu Presiden Jokowi.

Mulai dari Mahfud MD, Wishnutama, hingga Prabowo Subianto digadang-gadang bakal menjadi Menteri baru. Para tokoh ini datang mengenakan kemeja putih.

Meski demikian ternyata ada sisi lain yang luput dari pengetahuan masyarakat Indonesia. Pasalnya mereka tak hanya seorang politikus atau tokoh profesional saja.

Melainkan ada pula yang pernah miliki jabatan penting di dunia olahraga Indonesia. Terlebih olahraga juga menjadi salah satu alat perjuangan yang bisa mengangkat harkat dan martabat bangsa di level dunia.

Maka dari itu sedikitnya ada lima calon Menteri Presiden Jokowi yang ternyata memiliki jejak di dunia olahraga Indonesia. Siapa saja mereka?

1. Syahrul Yasin Limpo

© Antara News
Syahrul Yasin Limpo pernah menjadi Ketua Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia Sulawesi Selatan (FORKI Sulsel) 2004-2008. Copyright: Antara NewsSyahrul Yasin Limpo pernah menjadi Ketua Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia Sulawesi Selatan (FORKI Sulsel) 2004-2008.

Ketua DPP Nasdem Syahrul Yasin Limpo dirumorkan bakal menjadi Menteri Pertanian di kabinet kerja baru Jokowi-Ma'ruf Amin (2019-2024).

Syahrul Yasin Limpo merupakan tokoh yang pernah menjabat sebagai Gubernur Sulawesi Selatan selama dua periode (2008-2013 dan 2013-2018).

Pria kelahiran Makassar 64 tahun silam ini ternyata pernah menjadi Ketua Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia Sulawesi Selatan (FORKI Sulsel) 2004-2008.

2. Agus Saparmanto

© Katadata
Ketum PB Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (Ikasi) Agus Suparmanto, saat datang ke Istana Negara jelang pembentukan Kabinet Kerja II. Copyright: KatadataKetum PB Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (Ikasi) Agus Suparmanto, saat datang ke Istana Negara jelang pembentukan Kabinet Kerja II.

Kemudian ada Agus Saparmanto yang digadang-gadang bakal menjadi Menteri Perdagangan era Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Kendati begitu ternyata Agus Saparmanto merupakan ketua PB Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (Ikasi) periode 2018-2022 (empat tahun).

Dirinya terpilh usai melakukan Musyawarah Nasional (Munas) Ikasi di Bali, pada 1 Desember 2018. Ini merupakan periode keduanya memimpin organisasi itu.

3. Basuki Hadimuljono

© propertynbank
Basuki Hadimuljono Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Copyright: propertynbankBasuki Hadimuljono Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Selanjutnya ada Basuki Hadimuljono yang saat ini diisukan bakal kembali menjabat sebagai Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Meski demikian ternyata Basuki Hadimuljono merupakan Ketua Umum Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (Podsi) periode 2016-2020.

Tak hanya itu saja Basuki Hadimuljono juga didaulat sebagai Ketua Umum Persatuan Gateball Seluruh Indonesia (Pergatsi) untuk masa jabatan 2015-2019.

"Saya itu hobi olahraga dan seni. Saya juga sudah memiliki banyak pengalaman berorganisasi. Saya kira ini modal yang cukup untuk memimpin cabor baru ini (Getball) meraih prestasi," ujar Basuki kepada INDOSPORT.com, pada 2016 lalu.

4. Prabowo Subianto

© Istimewa
Caption Copyright: IstimewaPrabowo Subianto (kanan) adalah Ketum IPSI dan Presiden Persilat.

Lalu ada Prabowo Subianto yang juga dikabarkan bakal menjadi Menteri Pertahanan era Jokowi-Ma'ruf Amin. Kendati begitu Prabowo memiliki jejak di Olahraga.

Diketahui Prabowo merupakan Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) untuk periode 2016-2020. Prabowo juga adalah Presiden Persekutuan Pencak Silat Antarbangsa (Persilat).

Bukti nyata peran Prabowo adalah ketika atlet-atlet Pencak Silat sukses meraih medali emas di berbagai nomor pada ajang Asian Games 2018 lalu.

5. Juliari Batubara

© Antara News
Juliari Batubara, mantan Ketum PP IMI 2003-2011. Copyright: Antara NewsJuliari Batubara, mantan Ketum PP IMI 2003-2011.

Terakhir ada Juliari Batubara yang diisukan akan mengisi pos Menteri Sosial kabinet kerja Jokowi-Ma'ruf Amin untuk perioden 2019-2024.

Juliara sendiri memiliki banyak sekali karier di Indonesia. Dia ternyata memiliki jejak di dunia olahraga Indonesia, khususnya otomorif.

Juliara Batubara diketahui pernah menjadi Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Motor Indonesia (IMI) untuk masa jabatan 2003-2011 alias delapan tahun.