Target Medali Emas SEA Games 2019 Direduksi, Begini Penjelasan Menpora Baru

Jumat, 15 November 2019 13:25 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Indra Citra Sena
© Fitra Herdian Ariestianto/INDOSPORT
Menpora Zainudin Amali menurunkan target medali emas kontingan Indonesia di SEA Games 2019. Copyright: © Fitra Herdian Ariestianto/INDOSPORT
Menpora Zainudin Amali menurunkan target medali emas kontingan Indonesia di SEA Games 2019.

INDOSPORT.COM - Menpora Zainudin Amali menurunkan jumlah medali untuk kontingen  Indonesia di SEA Games 2019. Dia cuma menargetkan kontingen Indonesia meraih 45 medali emas.

Kontingen Indonesia memang akan ambil bagian dalam perhelatan SEA Games 2019 di Manila, Filipina. Indonesia mengirim 837 kontingen unutk berlaga di ajang dua tahunan ini.

Jumlah ini memang berkurang dari yang dikirim saat tampil di SEA Games 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia. Saat itu, Indonesia menempati peringkat kelima klasemen akhir dengan perolehan 38 medali emas.

Menpora Zainudin Amali kini menargetkan kontingen Indonesia untuk meraih hasil lebih baik, yakni 45 keping emas, meskipun terbilang lebih sedikit dari target semula 50 medali.

"Pertama tentu saya mau lebih baik dari hasil SEA Games Kuala Lumpur 2017 lalu. Saat itu, Indonesia menduduki peringkat kelima tentu tahun ini saya mau lebih baik lagi," ucap Zainudin Amali.

"Yang dilaporkan kepada saya adalam 50 emas, tapi saya diskon saja jadi 45 dengan perhitungan di Malaysia 38 emas dan menempati peringkat lima, tentu dengan jumlah medali yang kita bidik sekarang tentu prestasi bisa lebih baik," jelas dia.

Zainudin Amali menegaskan, meski menurunkan jumlah medali bukan berarti dia pesimistis terhadap prestasi kontingen Indonesia. Dia memperhatikan faktor non teknis yang dapat menghambat ambisi atlet-atlet Tanah Air untuk mendulang medali.

"Bukan pesimis, tapi kami memperhitungkan faktor non teknis. Kami mewaspadai faktor yang tak terduga mengingat SEA Games 2019 adalah kompetisi dan semua partisipan tentu ingin menang,' tukasnya.

Sekadar mengingatkan, SEA Games 2019 di Filipina melaksanakan upacara pembukaaan pada 30 November dan ditutup 11 Desember. Hajatan olahraga terakbar seantero Asia Tenggara ini memperebutkan medali dalam 56 cabor.