Profil Negara SEA Games 2019: Brunei Darussalam

Rabu, 20 November 2019 15:31 WIB
Editor: Juni Adi
© INDOSPORT
Profil Sea Games 2019 Brunei. Copyright: © INDOSPORT
Profil Sea Games 2019 Brunei.

INDOSPORT.COM - Tidak lama lagi, pesta olahraga multi event terbesar se-Asia Tenggara atau yang biasa disebut SEA Games 2019 bakal segera dihelat.

Rencananya, SEA Games edisi ke-30 itu akan dilaksanakan pada 30 November hingga 11 Desember 2019, di tiga kota yakni  Metro Manila, Subic, dan Clark. 

Sebanyak 11 negara akan berpartisipasi, untuk bertanding di 56 cabang olahraga, yang terbagi menjadi 529 event salah satunya adalah negara yang menganut sistem kesultanan, Brunei Darussalam.

Negara yang berada di kawasan Pulau Kalimantan bagian Utara itu, pertama kali ambil bagian di ajang dua tahunan ini pada tahun 1977 bergabung bareng Indonesia, dan Filipina.

Sebelumnya, hanya ada enam negara yang menjadi peserta ajang SEA Games ini sejak diadakan tahun 1959 lalu, yakni Thailand, Malaysia, Myanmar, Loas, Singapura, dan Vietnam. 

22 kali berpartisipasi, Brunei tidak bisa berbuat banyak. Mereka hanya mampu mendulang 219 medali terdiri dari 12 emas, 50 perak dan 157 perunggu. Negara kedua paling sedikit meraih medali, setelah Timor Leste yang baru meraih 29 medali.

Di Filipina nanti, Brunei Darussalam tentu ingin tampil lebih baik lagi untuk agar bisa mengakhiri paceklik medali emas, yang terakhir kali diperolehnya tahun 2013 lalu di Myanmar.

"Medali emas terakhir yang dimenangkan Brunei saat SEA Games 2013 di Myanmar," kata Wakil Ketua Dewan Olimpiade Nasional Brunei Darussalam dan Chef de Mission untuk kontingen Brunei, Haji Muhd ​​Zamri 

"Saya berharap, kami bisa melahirkan atlet hebat, yang dapat memenangkan medali emas kembali untuk negara ini," tambahnya.

Brunei Darussalam sendiri akan mengirim 87 atlet, untuk berpartisipasi dalam olahraga air, atletik, biliar, golf, anggar, sepak bola, karate, lawn bowls, netball, pencak silat, polo, taekwondo, bowling, dan wushu.