3 Cabor SEA Games yang Sumbangkan Medali Emas Terbanyak untuk Indonesia

Minggu, 8 Desember 2019 21:08 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© Wikipedia
Logo Sea Games 2019 Copyright: © Wikipedia
Logo Sea Games 2019

INDOSPORT.COM – Atlet Indonesia tampil cukup fantastis pada ajang SEA Games 2019. Sejauh ini Indonesia masih berada di peringkat ke-2 klasemen sementara dengan torehan 65 medali emas.

Indonesia hanya terpaut tiga medali emas dari Vietnam, yang berada di posisi ke-3 klasemen sementar SEA Games 2019. Situasi itu harus menjadi alarm agar kontingen Indonesia terus menyumbangkan medali emas.

Sedangkan Indonesia masih terpaut jauh dari Filipina, yang masih kokoh di puncak klasemen sementara SEA Games 2019. Sampai hari ini, tim tuan rumah sukses meraih 106 medali emas.

Kendati sedikit sulit untuk menjadi juara umum di ajang ini, namun Indonesia telah melampaui target yang diminta pemerintah. Target yang diminta saat itu adalah 45 medali emas.

Kontingen atlet Indonesia pun jauh melampaui target tersebut. Berikut INDOSPORT mencoba untuk merangkum 3 cabor yang menyumbangkan medali emas terbanyak untuk Indonesia di SEA Games 2019.

Menembak

Sejauh ini cabor yang paling banyak menyumbangkan medali emas di SEA Games 2019 adalah shooting atau menembak. Terhitung, ada 7 medali emas yang dikumpulkan atlet menembak Indonesia.

Beberapa atlet yang berhasil meraih medali emas di cabor menembak ini adalah Vidya Toyyiba, Fathur Gustafian, Rio Danu Utama Tjabu, Agus Domosarjito, Tirano Baja, dan Fafan Khoirul Anwar.

Menariknya, Indonesia menjadi yang paling banyak meraih medali emas di cabor ini ketimbang tim lain. Kontingen Indonesia juga mampu membawa pulang 6 medali perak dan 2 perunggu.

Modern Pentathlon

Dalam cabor Modern Pentathlon, Indonesia berhasil menjadi negara yang paling banyak menorehkan medali emas. Terhitung, ada empat medali emas yang mereka bawa pulang.

Empat medali emas tersebut dipersembahkan oleh beberapa atlet tanah air, yakni Muhammad Taufik, Dea Salsabila Putri, dan Frada Salah Harahap.

Sementara itu, Filipina hanya mampu meraih dua medali emas di cabor modern pentathlon ini. Sekedar informasi, hanya dua negara yang mampu meraih medali emas di cabor ini, yakni Indonesia dan Filipina.

Bowling

Terakhir ada cabor bowling. Sama seperti modern pentathlon, cabor bowling ini juga menyumbangkan empat medali emas untuk Indonesia.

Selain itu, kontingen Indonesia juga turut membawa pulang 2 medali perak dan satu perunggu. Lag-lagi, Indonesia menjadi negara yang paling banyak meraih medali emas di cabor ini.

Sebagai informasi tambahan, beberapa kontingen yang sukses mempersembahkan medali emas adalah Billy Muhammad Islam, Hardy Rachmadian, Sharon Limansantoso dan Tannya Roumimper.