Demi PON 2020, Muaythai Sumut Bakal Datangkan Pelatih Thailand

Rabu, 22 Januari 2020 15:08 WIB
Penulis: Aldi Aulia Anwar | Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Pengurus Provinsi (Pengprov) Muaythai Indonesia (MI) Sumatera Utara (Sumut) berencana mendatangkan pelatih asing dari Thailand untuk menggembleng para atletnya.

Langkah ini tak lain sebagai bentuk persiapan mereka untuk menghadapi multi even Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 Papua pada Oktober 2020 mendatang.

"Untuk persiapan pelatda PON, kami lagi cari pelatih luar, langsung dari negeri asal Muaythai-nya Thailand. Rencananya pelatihnya ini melatih di sini selama tiga bulan,"ujar Pelatih Muaythai Sumut, Amrinto Sinurat.

Amrinto menjelaskan, dalam program pembinaan atlet PON, pelatih asing nantinya akan bekerjasama dengan dua pelatih Sumut sebelumnya yang berhasil membawa 5 atlet meraih tiket lolos ke Papua. Berkekuatan lima atlet, Pengprov MI Sumut pun menargetkan bisa mendulang minimal dua medali emas.

Menurut Amrinto, Target ini sesuai dengan capaian Muaythai Sumut di ajang Porwil Sumatera 2019 lalu. Namun tidak menutup kemungikinan atlet Sumut bisa meriah hasil yang lebih.

"Target kita mudah-mudahan dapat untuk PON 2020, dua medali emas. Peluang kita ada di kelas 45 kg dan 48 kg fighter putri," terangnya.

Lebih lanjut kata Amrinto, pada PON 2020 di Papua merupakan kali pertama cabor Muaythai dipertandingkan secara resmi. Meski dia menilai kekuatan antar provinsi cukup merata, namun tetap mendorong petarung-petarung Sumut untuk bisa memanfaatkan peluang.

Selama pemusatan latihan, para atlet akan kembali dibenahi setiap kekurangannya baik teknik maupun fisiknya. Dia pun berharap para atlet bisa maksimal selama pelatda untuk meraih hasil terbaik.

"Kita lihat kekuatan untuk Muaythai hampir merata. Harapan kami di PON nanti para atlet bisa bertanding dengan baik dan maksimal. Makanya kita persiapkan dari sekarang," pungkasnya.