Oase

SEOCON Himbau Fans Dorong Sepak Bola Indonesia agar Dikenal Dunia lewat Digital Marketing

Rabu, 26 Februari 2020 22:16 WIB
Penulis: Martini | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Martini/INDOSPORT
Jon Earnshaw dan Jono Alderson memaparkan tentang SEO dan Digital Marketing, dipimpin Ryan Kristo Muljono dalam acara SEO Conference di Mall Kota Kasablanka, Rabu (26/02/20) siang. Copyright: © Martini/INDOSPORT
Jon Earnshaw dan Jono Alderson memaparkan tentang SEO dan Digital Marketing, dipimpin Ryan Kristo Muljono dalam acara SEO Conference di Mall Kota Kasablanka, Rabu (26/02/20) siang.

INDOSPORT.COM - Indonesia merupakan negara dengan kondisi geografis yang besar dan memiliki keragaman di tiap daerah. Bahkan, tiap daerah memiliki klub sepak bola kebanggaan, yang menjadi salah satu penanda bahwa olahraga ini adalah yang terpopuler di Tanah Air.

Selain di Indonesia, sepak bola boleh dikatakan sebagai olahraga paling populer di dunia, dan paling banyak dimainkan oleh orang-orang di tiap negara. Sejauh ini, Brasil, Spanyol, Italia dan Inggris adalah kiblat sepak bola dunia, dan tak menutup kemungkinan jika Indonesia akan menyusul.

Bukan tanpa alasan jika Indonesia disebut bisa mengimbangi pencapaian sejumlah negara maju di dunia sepak bola, sebab saat ini federasi PSSI tengah berbenah dan berupaya untuk membangun citra positif sepak bola Indonesia di kancah internasional.

Indonesia berhasil memenangkan bidding untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021, dan rencananya akan digelar di berbagai kota di Tanah Air. Selain itu, cukup banyak pemain muda potensial yang dikirimkan untuk belajar sepak bola di luar negeri, khususnya di Eropa.

Selain andil dari federasi, fans sepak bola juga bisa membantu klub favoritnya atau Timnas Indonesia untuk dikenal secara luas di ranah internasional. Salah satunya adalah dengan digital marketing dan pemanfaatan internet secara positif.

Hal itu disampaikan pula oleh Ryan Kristo Muljono, penulis buku Digital Marketing Concept sekaligus founder dan CEO Toffeedev, dalam acara SEO Conference di Mall Kota Kasablanka, Rabu (26/02/20) siang.

"Sepak bola adalah salah satu cabang olahraga yang penggunaan digital marketingnya paling besar, pendukungnya banyak, dan kita bisa menggunakan media ini untuk bertukar informasi (dalam dan luar negeri)," sebut Ryan kepada INDOSPORT.

Namun, perlu proses yang cukup panjang dan matang agar sepak bola Indonesia dapat dikenal dunia, salah satunya adalah dengan manajemen isu yang diarahkan secara positif, agar citra Indonesia juga menjadi lebih baik di mata internasional.

"Mungkin tantangan paling besar adalah konten-konten yang ada untuk sepak bola banyak yang dimanipulasi. Itu adalah tugas kita untuk membuat cabang olahraga sepak bola ini lebih menarik, isinya bukan yang buruk melulu," tambahnya.

Salah satu pembuktian yang bisa dijadikan patokan, tentu saja ajang Piala Dunia U-20 2021 mendatang. Acara ini akan menjadi tolok ukur kepuasan masyarakat dunia akan manajemen sepak bola di Tanah Air. Apakah Indonesia siap menjadi kiblat sepak bola dunia?