Banyak Event Olahraga Ditunda, Menpora Berharap Tak Pengaruhi Kesiapan Atlet

Jumat, 27 Maret 2020 19:10 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Milos Bicanski/Getty Images
Prosesi penyalaan api Olimpiade 2020 di Yunani. Copyright: © Milos Bicanski/Getty Images
Prosesi penyalaan api Olimpiade 2020 di Yunani.

INDOSPORT.COM - Penyebaran virus corona atau Covid-19 memang semakin masif. Tak hanya di Indonesia, penyebaran virus ini juga sudah menyebar ke segala penjuru dunia.

Imbas penyebaran virus ini pun cukup terasa. Bahkan event olahraga internasional terpaksa ditunda imbas penyebaran virus ini.

Sebut saja perhelatan Piala AFF yang ditunda. Bahkan pesta olahraga sedunia, Olimpiade 2020 yang semula dijadwalkan berlangsung bulan Juli di Tokyo, Jepang terpaksa ditunda.

Keputusan penundaan Olimpiade 2020 Tokyo oleh President International Olympic Committee (IOC) Thomas Bach dan Organizing Committee (OC) Jepang, Shinzo Abe, yang juga Perdana Menteri Negeri Sakura itu.

Penundaan ini pun mendapat respons dari Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali. Dia mengimbau seluruh federasi olahraga dan pelatih bisa menjaga kebugaran para atlet agar tidak drop.

"Sekarang ini memang pelatnas kita tidak segencar sebelumnya. Rencana try out juga tidak memungkinkan untuk mengirim tim karena pandemi Covid-19. Begitu juga latihan-latihan yang undang tim-tim luar ke Indonesia terpaksa ditiadakan," ucap Zainudin

Kini dengan situasi ini, Menteri asal Gorontalo ini langsung merumuskan kepada KOI terkait perencaan kegiatan ke depannya.

"Makanya, saya berharap sekali lagi keputusan ini bisa jadi pegangan untuk kita semua. Saya akan bicara dengan KOI dan CdM yang telah ditunjuk untuk membuat perencanaan-perencanaan selanjutnya untuk event-event ke depan," tutup Zainudin Amali.