Jelle Klaasen, Juara Dunia Dart Termuda Keturunan Indonesia

Sabtu, 2 Mei 2020 23:47 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Isman Fadil
© Alex Burstow/Getty Images
Jelle Klaasen, pemain dart asal Belanda yang memegang rekor juara dunia termuda keturunan Indonesia. Copyright: © Alex Burstow/Getty Images
Jelle Klaasen, pemain dart asal Belanda yang memegang rekor juara dunia termuda keturunan Indonesia.

INDOSPORT.COM – Jelle Klaasen adalah pemain dart asal Belanda keturunan Indonesia yang memegang rekor juara dunia termuda.

Bukan hanya di sepak bola atau bulutangkis, kisah Panjang Indonesia dan Belanda juga menghadirkan pemain keturunan di olahraga lain. Salah satunya di oleharaga rekreasi, dart.

Tak tanggung-tanggung di dunia dart ada pemain keturunan Indonesia yang memengang rekor sebagai juara dunia termuda. Dia adalah pria asal Belanda, Jelle Klaasen.

Siapa Jelle Klaasen?

Buat publik olahraga Tanah Air, nama Jelle Klaasen jelas masih sangat asing. Seasing dart itu sendiri sebagai olahraga rekreasi yang dipertandingkan secara professional.

Namun dalam kenyataannya, nama Jelle Klaasen bukan sosok sembarangan di olahraga lempar sasaran itu. Dirinya sudah sejak 2003 terjun ke dunia dart profesional dan menancapkan namanya sejak saat itu pula.

Karier Jelle Klaasen di dunia dart juga terhitung fenomenal. Sebab hanya tiga tahun setelah memutuskan terjun sepenuhnya sebagai atlet dart professional. Dirinya sudah bisa meraih gelar juara dunia, BDO World Championship.

Semakin spesial, gelar juara dunia dart itu didapat Jelle Klaasen saat usianya baru menginjak 21 tahun 90 hari. Sekaligus membuat dirinya sebagai pemain dart termuda yang bisa menggapai gelar juara dunia itu.

Bukan hanya rekor juara dunia dart termuda, pria berjuluk The Cobra itu juga tercatat memegang rekor bisa memenangkan sembilan kejuaraan  dart hanya dalam satu tahun, di tahun 2009 silam.

Sejumlah turnamen yang pernah dijuarai oleh Jelle Klaasen diantaranya seperti Bousema Open 2014, Halstern Open 2010, Killarney Pro Tour 2007, Open Noord Netherland 2007, Ranking Tuesday Open 2010, Texel Darts Trophy 2011 dan Westerlaan Open 2010.

Keturunan Indonesia

Lahir di Alphen, Belanda 17 Oktober 1984, ada beberapa sumber yang menyebutkan Jelle Klaasen sebagai pria keturunan Indonesia. Kendati tak disebutkan dari wilayah mana dirinya memiliki gari keturunan.

Namun dalam buku Heart of Dart-ness: Bullseyes, Boozers and Modern Britain, yang ditulis Ned Boulting, disebutkan meskipun lahir di Alphen, Brabant, Jelle Klaasen memiliki garis keturunan Indonesia.

Sebab di wilayah tersebut memang terdapat komunitas kecil masyarakat yang berasal dari negara lain bekas koloni jajahan Belanda. Di wilayah itu juga tempat lahir beberapa pesepakbola ternama yang memiliki garis keturunan Indonesia, Roy Makaay dan Giovanni van Bronckhorst.

Jika Dilihat dari warna kulit dan raut wajah Jelle Klaasen sendiri, sama seperti Van Bronckhorst, kemungkinan besar dirinya memiliki garis keturunan Indonesia dari wilayah Kepulauan maluku.