Cara Jitu Gantolle Jateng Tetap Berlatih di Tengah Corona

Senin, 1 Juni 2020 05:01 WIB
Penulis: Prabowo | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Gantolle Jateng berlatih di Bukit Joglo, Wonogiri Copyright: © Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Gantolle Jateng berlatih di Bukit Joglo, Wonogiri

INDOSPORT.COM - Langkah jitu dilakukan para atlet gantolle Jawa Tengah untuk tetap berlatih di tengah pandemo Corona. Mereka memang tidak bisa latihan di alam terbuka seperti biasanya.

Namun, Sulis Widodo dan kawan-kawan tetap latihan dengan cara memperlajari dan mengevaluasi berbagai gerakan dan penguasaan terbang yang pernah mereka lakukan dalam latihan maupun lomba. Mereka 'berlatih' dari video yang dihare di grup whatsapp.

"Jadi misalnya gerakan yang kurang betul atau tidak efektif, baik saat take off maupun landing didiskusikan dalam grup whstasapp. Ada diskusi terbuka di sana sehingga semua saling belajar," kata Ketua Pengprov Gantolle Jateng, Seusetyoko.

"Tak hanya itu, jadi saat atlet manuver terbang yang tidak optimal juga dicatata. Nanti yang kurang bagus akan dievaluasi," tambah pria yang akrab disapa Stik tersebut.

Selain stik, beberapa atlet lain gantolle jateng yang biasa berlatih bersama adalah Supardi (Karanganyar), Sulis Widodo (Solo), dan Isah Iriawan (Klaten). Mereka melakukan kajian teknik dokumentasi juga bersama pelatih Oke Adrianto.

Kendati demikian, lanjut Stik, tidak semua teknik bisa diterapkan secara sama persis. Sebab, salah satu cabang olahraga dirgantara itu sangat dipengaruhi cuaca, termasuk arah dan kecepatan angin, serta geothermal.

"Meski feeling penguasaan terbang sedikit kurang terasah karena telah sebulan menggulung layangan, tapi kami tetap mempelajari tekniknya," tegas sosok asal Karanganyar tersebut.