Fantastis! Istora Papua Bangkit Bakal Cetak 3 Rekor MURI Sekaligus

Kamis, 6 Agustus 2020 15:57 WIB
Kontributor: Sudjarwo | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Sudjarwo/INDOSPORT
Venue Istana Olahraga (Istora) Papua Bangkit yang jadi venue PON XX Papua 2021 bakal memecahkan 3 rekor MURI sekaligus. Copyright: © Sudjarwo/INDOSPORT
Venue Istana Olahraga (Istora) Papua Bangkit yang jadi venue PON XX Papua 2021 bakal memecahkan 3 rekor MURI sekaligus.

INDOSPORT.COM - Venue Istana Olahraga (Istora) Papua Bangkit yang diperuntukkan jelang perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua tahun 2021 mendatang tak hanya akan mencatatkan satu rekor saja, melainkan 3 rekor MURI sekaligus.

Diungkapkan Joko Nugroho selaku manajer proyek PT PP, 3 kelebihan venue Istora Papua Bangkit yang bakal diajukan oleh pihaknya untuk masuk dalam rekor MURI di antaranya bentang baja atap dome terpanjang, sistem pendingin dan konstruksi atap.

"Selain bentang baja terpanjang, juga akan ada dua rekor lagi yakni sistem pendingin yang berbeda dengan GBK yang mana aliran udaranya lebih halus dan rata. Atapnya juga akan dicatatkan pada rekor MURI karena tidak menggunakan baut. Jadi nanti sekaligus ada 3 rekor," ujar Joko kepada awak redaksi berita olahraga INDOSPORT, Kamis (06/08/20).

Tak hanya itu, Istora Papua Bangkit bahkan diklaim sebagai Istora terbesar di Indonesia mengungguli GBK Senayan, Jakarta.

Bahkan, sejumlah fasilitas di Istora Papua Bangkit di datangkan dari luar negeri, seperti kursi penonton, lapangan vinyl dan perangkat lampu.

"Istora ini terbesar di Indonesia. Kalau di GBK bisa jadi 6 lapangan bulutangkis, sedangkan di sini bisa 8 lapangan. Lampunya sama dengan Stadion Papua Bangkit bisa mengikuti irama. Lampunya dari jepang, kursi china dan vinyl lapangan dari Perancis," jelasnya.

Sementara, Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Papua, Alexander Kapisa mengaku bangga dengan berdirinya Istora Papua Bangkit yang megah.

"Puji Tuhan progresnya sudah 95 persen. Bahkan akan ada pemecahan rekor MURI dome baja terpanjang di Indonesia dan dua rekor lainnya. Kita orang papua harus bangga karena ini yang terbaik di Indonesia, dari semua sisinya. Kapasitas memang hanya 3.000 penonton, tapi kalau digunakan hall-nya optimal bisa menampung 8.000 orang," pungkasnya.

Istora Papua Bangkit akan menjadi venue pertandingan cabang olahraga Senam berbagai nomor pada perhelatan PON XX tahun 2021 mendatang.

1