Pandemi Virus Corona di Tokyo Semakin Parah, Olimpiade Terancam Batal

Jumat, 15 Januari 2021 11:50 WIB
Penulis: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji | Editor:
© Atsushi Tomura/Getty Image
Pandemi Virus Corona di Tokyo Semakin Parah, Olimpiade Terancam Batal. Copyright: © Atsushi Tomura/Getty Image
Pandemi Virus Corona di Tokyo Semakin Parah, Olimpiade Terancam Batal.

INDOSPORT.COM - Ajang olahraga terbesar di dunia atau Olimpiade yang akan digelar di Tokyo, Jepang pada Juli 2021 mendatang terancam batal.

Menurut laporan dari skysports, kondisi Jepang saat ini sedang dalam keadaan darurat virus corona. Bahkan infeksi terus melonjak hingga seluruh penjuru Negeri Sakura.

Namun pemerintah telah menerapkan sejumlah larangan warga asing untuk datang ke Jepang sejak Rabu (13/01/2021) lalu hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Juru bicara Olimpiade Tokyo bernama Masa Takaya menegaskan kalau pihaknya belum ada rencana untuk membatalkan ajang olahraga terbesar di dunia tersebut.

"Untuk lebih jelasnya, kami tidak pernah membahas penundaan Olimpiade lagi," kata Takaya.

 "Situasi Covid tentu saja masih menjadi masalah yang sedang berlangsung untuk semua orang di dunia tetapi kami akan menyelenggarakan Olimpiade tahun ini, mulai 23 Juli," ucapnya menambahkan.

Bahkan Masa Takaya menjelaskan kalau pihak penyelenggara berniat untuk membuka peluang bagi penonton supaya bisa menyaksikan langsung gelaran tersebut.

"Kami tidak ingin menyaksikan Olimpiade secara tertutup, tanpa penonton. Olimpiade harus berlangsung dalam suasana perayaan, yang disusun oleh penonton dan itulah yang ingin kami capai," ujar Takaya.

"Olimpiade juga merupakan bagian dari dunia; kami adalah bagian dari masyarakat sehingga kami perlu terus memantau situasi Covid dan bagaimana acara olahraga akan dilakukan dan dalam bentuk apa," tuturnya nenambahkan.

Diketahui, sejatinya Olimpiade Tokyo digelar pada 24 Maret 2020 lalu. Namun pandemi virus corona membuat ajang itu ditunda setahun kemudian.

Komite Olimpiade Internasional dan pemerintah Jepang akhirnya sepakat untuk menggelar Olimpiade Tokyo pada 23 Juli hingga 8 Agustus 2021 mendatang. Kita doakan saja semoga pandemi virus corona cepat berakhir dan atlet Indonesia bisa unjuk gigi meraih prestasi.