Takut Terpapar Virus Corona, Korea Utara Mundur dari Olimpiade Tokyo

Selasa, 6 April 2021 16:08 WIB
Penulis: Katarina Erlita Cadrasari | Editor:
© Mikhail Svetlov/GettyImages
Kim Jong-un, Presiden Korea Utara yang dikabarkan telah meninggal dunia. Copyright: © Mikhail Svetlov/GettyImages
Kim Jong-un, Presiden Korea Utara yang dikabarkan telah meninggal dunia.

INDOSPORT.COM - Korea Utara menjadi negara pertama yang mundur dari ajang Olimpiade Tokyo lantaran takut terpapar virus corona.

Pemerintah Korea Utara berupaya untuk melindungi para atletnya dari bahaya virus corona. Oleh sebab itu mereka memutuskan untuk tidak berpartisipasi dalam Olimpiade Tokyo.

Dilansir dari Football 24 News, pernyataan tersebut dikeluarkan oleh Korea Utara pada 25 Maret lalu namun baru dikomunikasikan pada hari ini, Selasa (06/04/21).

Turnamen bergengsi itu rencananya akan dilangsungkan pada 23 Juli hingga 8 Agustus mendatang. Sejumlah aturan ketat akan diterapkan seperti melarang warga negara lain untuk datang saat Olimpiade dan adanya pembatasan jumlah penonton lokal.

Meski demikian, aturan tersebut dirasa belum cukup aman untuk melindungi para atlet Korea Utara. Sebelumnya pada 1984 dan 1988 lalu, Korea Utara juga sempat melakukan boikot dan memutuskan untuk tidak mengikuti Olimpiade di Los Angeles dan Seoul.

Sejauh ini Korea Utara telah melakukan langkah ekstrem untuk melindungi wilayahnya dari bahaya virus corona. Mereka menutup perbatasan dan menerapkan aturan karantina dalam waktu lama bagi orang asing yang berkunjung.

Upaya tersebut dinilai cukup efektif hingga mengklaim tidak ada kasus positif di negara itu.