Sejumlah Aturan yang Bisa Buat Olimpiade Tokyo bak Sayur Tanpa Garam

Kamis, 24 Juni 2021 23:06 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Carl Court/Getty Images
Olimpiade Tokyo 2020 bisa dihadiri penonton dengan protokol kesehatan ketat. Copyright: © Carl Court/Getty Images
Olimpiade Tokyo 2020 bisa dihadiri penonton dengan protokol kesehatan ketat.

INDOSPORT.COM - Olimpiade Tokyo 2020 sebentar lagi akan digelar dan kemungkinan bisa dihadiri oleh penonton. Hanya saja, ada beberapa aturan dan imbauan tidak biasa yang bakal diterapkan agar acara berlangsung lancar.

Olimpiade, event olahraga empat tahunan yang diadakan pada musim panas maupun musim dingin, sudah menjadi agenda wajib dan prestisius bagi para atlet di seluruh penjuru dunia.

Mereka berbondong-bondong memeriahkan ajang ini dengan menampilkan upaya terbaik di bawah naungan bendera negara masing-masing.

Sayangnya, gelaran Olimpiade Tokyo 2020 musim panas terpaksa mengalami penundaan akibat serangan virus corona Covid-19. Setelah batal dihelat tahun lalu, Jepang sebagai tuan rumah mulai berbenah ulang.

Pihak penyelenggara pun harus memutar otak sebaik mungkin untuk menciptakan kebijakan yang sesuai dengan situasi pandemi sekarang ini. Bahkan, beberapa waktu lalu sempat ada wacana acara akan kembali ditunda.

Tentunya apalagi kalau bukan karena lautan protes dari masyarakat yang masih was-was dengan ancaman Covid-19. Akan tetapi, panitia dan IOC tetap yakin bisa menyelenggarakan Olimpiade Tokyo tahun ini tanpa harus menunda-nunda lagi.

Menggelar hajatan besar saat pandemi jelas bukan hal mudah. Contohnya sudah banyak. Lihat saja bagaimana jadwal kompetisi-kompetisi olahraga dunia kolaps dan terhenti untuk jangka waktu yang lumayan lama.

Olimpiade Tokyo juga demikian. Meski akan tetap digelar, ada beberapa hal khusus yang perlu diatur, kebiasaan-kebiasaan yang sudah ada pun terpaksa diubah, dan sebagainya.

Berikut dihimpun dari berbagai sumber, sejumlah aturan dan imbauan yang akan diaplikasikan di gelaran Olimpiade Tokyo 2020 tahun ini.

Beberapa di antaranya bahkan terkesan tidak biasa namun mau tidak mau harus dilakukan demi kebaikan bersama.