Mager Olahraga? 6 Gerakan Ini Bisa Dilakukan Sambil Duduk

Rabu, 18 Agustus 2021 14:41 WIB
Editor: Isman Fadil
© Shutterstock By oneinchpunch
Ilustrasi olahraga. Copyright: © Shutterstock By oneinchpunch
Ilustrasi olahraga.

INDOSPORT.COM - Mungkin melakukan aktivitas olahraga itu tidaklah mudah bagi beberapa orang. Pasalnya kita juga harus memiliki niat sebelum berolahraga, terlebih pada masa pandemi, masyarakat juga diwajibkan untuk meminimalisir mobilitas dan juga harus bekerja di rumah atau WFH.

Selama Work From Home sebagian besar aktivitas yang dilakukan sehari-hari ialah duduk dengan jangka waktu lama, durasi duduk tersebut ini akan memperlambat metabolisme yang mempengaruhi kemampuan tubuh untuk mengatur gula darah dan tekanan darah, serta memecah lemak tubuh.

Karena padatnya waktu kerja membuat kita tidak sempat melakukan olahraga. Namun terdapat gerakan yang sangat cocok bagi pekerja yang sedang WFH, dengan hanya melakukan 6 gerakan ini sambil duduk kita akan mendapatkan otot yang kuat dan lentur serta peredaran darah lancar.

1.  Peregangan trisep

Angkat lengan ke atas kepala dan tekuk hingga tangan mencapai sisi yang berlawanan. Selanjutnya, gunakan tangan yang lain dan tarik siku ke arah kepala. Tahan gerakan ini selama 10–30 detik. Ulangi untuk sisi yang lain.

2.  Peregangan tubuh bagian atas

Satukan kedua tangan di atas kepala dengan telapak tangan menghadap ke atas. Dorong lengan ke atas dan regangkan. Tahan gerakan ini selama 10–30 detik.

3.  Peregangan bahu

Satukan kedua tangan dan posisikan di belakang tubuh, lalu tarik ke belakang sambil membusungkan dada ke depan dan naikkan dagu. Tahan gerakan ini selama 10–30 detik.