Ukir Sejarah di Tokyo 2020, Menpora Apresiasi Seluruh Atlet Paralimpiade

Senin, 6 September 2021 08:00 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© REUTERS/Athit Perawongmetha
Peraih medali emas Susanto Hary dan Oktila Leani Ratri dari Tim Indonesia berpose di podium untuk Ganda Campuran Paralimpiade Tokyo 2020. Copyright: © REUTERS/Athit Perawongmetha
Peraih medali emas Susanto Hary dan Oktila Leani Ratri dari Tim Indonesia berpose di podium untuk Ganda Campuran Paralimpiade Tokyo 2020.

INDOSPORT.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, mengaku bangga dan atas pencapaian kontingen Indonesia di Paralimpiade Tokyo 2020

Total Indonesia berhasil meraih total sembilan medali (dua emas, tiga perak, dan empat perunggu) dari 23 para atlet yang bertarung di tujuh cabang olahraga. Mereka menduduki posisi ke-43 per Minggu (5/9/21).

"Alhamdulillah hasil kontingen Indonesia di Paralimpiade Tokyo 2020 meraih dua medali emas, tiga medali perak, dan empat medali perunggu. Catatan ini membuat posisi Indonesia naik ke peringkat ke-43," kata Zainudin Amali. 

Prestasi tersebut melampaui target pemerintah yang ditetapkan dalam Grand Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). Tadinya, Indonesia cuma diharapkan menempati peringkat ke-60 di Paralimpiade Tokto 2020. 

Menpora Zainudin Amali tak lupa mengucapkan terima kasih atas semua dukungan, sehingga para atlet nasional dapat meraih prestasi sesuai yang diharapkan.

"Terima kasih atas dukungan dan doa dari bapak-ibu sehingga kontingen Indonesia bisa melampaui target yang ditetapkan pemerintah dalam DBON peringkat 60,” pungkasnya.

Sekadar mengingatkan, dari tujuh cabor yang diikuti, empat di antaranya menjadi ladang medali bagi Indonesia di Paralimpiade Tokyo 2020, yakni atletik, tenis meja, powerlifting (angkat berat), dan bulutangkis.

Dari cabor atletik, Indonesia berhasil meraih medali perunggu lewat Saptoyogo Purnomo yang turun di nomor 100 meter lari putra klasifikasi T37.

Medali perunggu lain datang dari cabor tenis meja yang dipersembahkan David Jacobs. Ia tampil pada nomor tunggal putra klasifikasi 10. Satu medali perak dari cabor powerlifting dipersembahkan Ni Nengah Widiasih untuk kelas -41 kg putri.