Gerakan Olahraga Ini Bisa Dicoba untuk Mencegah Ambeien

Rabu, 8 September 2021 18:00 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Isman Fadil
© Men Journal
Gerakan  gerakan untuk mencegah ambeien Copyright: © Men Journal
Gerakan gerakan untuk mencegah ambeien

INDOSPORT.COM – Ambeien atau penyakit wasir merupakan kondisi terjadinya pelebaran pembuluh darah di sekitar area anus.

Penderita penyakit tersebut umumnya adalah usia dewasa. Dari mereka biasanya akan sulit untuk bergerak, berdiri, duduk, maupun berjalan karena tidak ketidaknyamanan di sekitar anus.

Untungnya, ada beberapa gerakan olahraga yang bisa dilakukan untuk mencegahnya. Beberapa gerakan ini bisa dicoba secara rutin.

1. Pelvic Floor Contraction

Tujuan dari gerakan ini adalah memperkuat otot-otot panggul. Caranya adalah berbaringlah terlentang. Tekanlah otot-otot anus seolah-olah sedang menahan diri untuk tidak mengeluarkan kentut.

Stabilkan gerakan selama 10 detik. Anda bisa melima kali gerakan ini.Anda juga bisa melakukannya 2 hingga 4 kali sehari.

2. Deep Breathing

Gerakan ini fungsinya untuk mengurangi ketegangan otot dasar pangul. Anda bisa mulai duduk tegap, lalu letakkan tangan di atas pinggang.

Setelahnya, tarik nafas dalam-dalam. Biarkan perut anda mengembangkan dalam tahap ini. Dalam setiap tarikan nafas, tekan perut dalam-dalam. Lalukan gerakan ini selama 5 menit.

3.Child’s Pose

Pose ini membantu meningkatkan sirkulasi di sekitar anus dan meredakan sembelit sambil merilekskan punggung bagian bawah, pinggul, dan kaki. Caranya cukup sederhana. Posisikan tubuh seperti gerakan sujud.

Hanya saja tangan harus direntangkan ke depan. Lalu tekuk tangan ke samping tubuh, dan lakukan gerakan seperti hendak berdiri. Ulangi gerakan ini semampunya, setidaknya bisa tahan 5 menit.
 
4.Legs Up-the-Wall Pose

Gerakan ini adalah memposisikan kaki di dinding/tembok. Caranya adalah berbaringlah di dekat tembok. Letakkan dan tekan kaki anda ke dinding, sementara posisi lengan harus dalam posisi yang nyaman. Tahan posisi ini hingga 15 menit.