Tips Olahraga Bagi Ibu Menyusui Tanpa Perlu Khawatir Mempengaruhi Suplai ASI

Selasa, 26 Oktober 2021 15:21 WIB
Editor: Isman Fadil
© Shutterstock By oneinchpunch
Ilustrasi olahraga. Copyright: © Shutterstock By oneinchpunch
Ilustrasi olahraga.

INDOSPORT.COM - Olahraga memang memiliki peminatnya tersendiri. Aktivitas ini menawarkan segudang manfaat yang membuat seseorang lebih bersemangat dalam menjalani harinya.

Namun ada sebagian orang yang memilih untuk menghindari atau meminimalisir aktivitas yang berlebihan, khususnya bagi mereka yang baru saja melahirkan karena memiliki kendala tersendiri, salah satunya khawatir saat melakukan olahraga akan berpengaruh terhadap suplai ASI mereka.

Namun tanggapan dan stigma tersebut jelas salah kaprah. Dalam sebuah studi menunjukkan bahwa olahraga bagi seorang ibu yang baru melahirkan tidak akan mempengaruhi jumlah suplai ASI mereka.

Sebaliknya, aktivitas olahraga bagi ibu yang baru melahirkan akan sangat berdampak kepada kebugaran, mengurangi stres dan rasa cemas, hingga membuat mood menjadi lebih baik.

Berikut INDOSPORT.com, merangkum tips berolahraga untuk ibu menyusui dilansir dari Aapiv:

1Tidak Mengurangi Asupan Kalori

Banyak dari aktivitas lainnya selain berolahraga, dimana para ibu menyusui melakukan diet. Tindakan ini disertakan sebagai bentuk pengembalian proporsi bentuk tubuh sebelum melahirkan. Salah satunya dengan mengurangi jumlah asupan kalori harian.

Namun, tindakan tersebut sangat tidak dianjurkan bagi ibu menyusui karena bisa berdampak mempengaruhi suplai ASI. Dimana ibu menyusui cenderung dapat membakar kalori sebanyak 400-500 kalori dalam sehari.

Tentunya tindakan ini tidak berimbang untuk mereka dalam melakukan aktivitas olahraga karena mereka juga harus memenuhi kebutuhannya agar suplai ASI stabil.